Samosir, 8/6 (Antarasumut) - Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mencanangkan Desa Salaon Toba, Kecamatan Ronggur Nihuta sebagai Kampung KB ditandai dengan pengguntingan pita, Kamis.
     Bupati menyampaikan, Kampung KB merupakan salah satu program unggulan Pemerintah dan sebagai wujud nyata implementasi nawacita ke 5, yaitu membangun dari daerah pinggiran.
     Bupati menekankan, Kampung KB sangat penting, karena menjadi salah satu tumpuan pemerintah dalam usaha meningkatkan kesejahteraan keluarga Indonesia, khususnya di daerah pemukiman yang padat penduduk, tertinggal, terpencil dan diperbatasan.
      Untuk itu, Bupati mengharapkan dukungan penuh dan kerja sama dari masyarakat dalam  menggerakkan dan mewujudkan Desa Salaon Toba sebagai Kampung KB.
       Bupati menekankankan secara khusus bagi petugas PPLKB dan PLKB agar lebih meningkatkan upaya memaksimalkan penggarapan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga dengan melakukan advokasi, penyuluhan, penggerakan kepada masyarakat demi tercapainya penurunan angka pertumbuhan penduduk melalui pelayanan akseptor KB.
     Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, dr Managam Togatorop mengatakan, pencanangan Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan peran Pemda, lembaga non pemerintah dan swasta, mitra kerja dalam memfasilitasi, melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat di desa.
      Upaya itu sebagai bentuk turut berperan serta aktif dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, menyebarluaskan informasi kepada mssyarakat akan pentingnya ikut berperan aktif dalam program kependudukan dan KB.
     Pada kegiatan ini juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis oleh dinas Kesehatan serta pelayanan administrasi kependudukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Pewarta: Antrel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017