Kotapinang, 21/4 (Antarasumut) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemkab Labusel dan Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja menyelenggarakan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) atau Pap-Smear gratis memperingati Hari Kartini di Puskesmas Sisumut, Desa Sisumut, Kec. Kotapinang, Jumat.

Wakil Ketua TP-PKK Kab. Labusel, Ny. Siti Rabiatun Kholil Jufri Harahap ketika membuka kegiatan itu sangat mengapresiasi.
 
Menurutnya, kanker leher rahim adalah salah satu kanker ganas yang menyerang kaum perempuan setelah kanker payudara.

"Kanker servik merupakan ancaman yang menjadi beban kesehatan mental dan keuangan perempuan yang akan terkena, dan fatalnya adalah kematian. Saya sangat mengapresiasi dengan diadakannya gerakan deteksi dini kanker leher rahim dengan tes IVA," katanya.

.Kepala Unit Humas BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai, Mohamad Syafriadi dalam keterangannya mengatakan, pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui IVA/Pap Smear ini adalah salah satu bentuk program promotif preventif bagi peserta JKN-KIS, untuk menekan jumlah penderita kanker serviks.

Melalui kerja sama dengan OASE Kabinet Kerja dan Kementerian Kesehatan ini kata dia, BPJS Kesehatan siap memberikan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS.

"Layanan pemeriksaan IVA/ Pap Smear ini dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku," katanya.

Kegiatan tersebut diikuti puluhan ibu-ibu. Mereka pun menyambut baik program itu, karena dapat memberikan pemahaman dan pendeteksian sejak dini kanker serviks. "Bagus juga kalau dilakukan seperti ini, karema umumnya para wanita, khususnya ibu-ibu kurang memahami," kata Aisyah, salah seorang warga.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017