Samosir, 22/5 (Antarasumut) - Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada para kelompok tani, Senin, di ruang rapat kantor Dinas Pertanian. 

       Bantuan 20 unit pompa air dan 12 unit jetor itu bersumber dari dana APBN melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian. 

      Dalam penyerahan itu dihadiri Kadis Pertanian, Erhanus Simbolon, Asisten III, Marsinta Sitanggang, Kepala Inspektur, Waston Simbolon,  Kabag Humas dan Kerjasama, Rohani Bakara.

     Bupati Samosir menjelaskan, sesuai dengan Visi Kabupaten Samosir "Terwujudnya Masyarakat Samosir Yang Sejahtera, Mandiri dan Berdaya Saing Berbasis Pada Pariwisata dan Pertanian", maka pemberian bantuan itu diyakini dapat meningkatkan sektor pertanian di Kabupaten Samosir. 

     Bupati Samosir juga menyampaikan, bantuan itu terwujud dan terlaksana tidak terlepas dengan upaya Pemerintah Kabupaten Samosir yang selalu menyampaikan permohonan kepada Kementerian Pertanian.

     Untuk itu, Bupati Samosir menghimbau agar para kelompok tani penerima bantuan dapat menghargai bantuan alsintan untuk kemakmuran bersama para petani, memelihara dan merawat dengan baik alat-alat tersebut.

      Bupati Samosir juga mengimbau agar para kelompok tani dapat memanfaatkan lahan tidur untuk pertanian, sebab Pemkab Samosir melalui Dinas Pertanian menyediakan handtracktor untuk membuka lahan perdana dan bibit jagung secara gratis.

     Pada kesempatan itu juga dilaksanakan penandatangan pakta integritas antara Pemerintah Samosir melalui Dinas Pertanian dengan para kelompok tani penerima bantuan terkait dengan penggunaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan alsintan.

Pewarta: Antrel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017