Medan, 6/4 (Antara) -Eksekutif Bank Syariah Bukopin menyebutkan, pertumbuhan kinerja perbankan syariah secara nasional masih belum maksimal dibandingkan potensinya yang cukup besar.

"Kalau dilihat dari pertumbuhan, kinerja perbankan syariah sudah semakin bagus, tetapi kalau dibandingkan dengan potensinya yang cukup besar, maka dinilai belum maksimal," kata Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Syariah Bukopin, Adil Syahputera di Medan, Kamis.

Menurut dia, "market share" bank Syariah di industri perbankan nasional yang hanya 5an persen atau tidak sampai 6 persen sangat kecil dibandingkan potensinya yang cukup besar antara lain penduduk beragama Islam sebagai mayoritas.

Adil mengakui, memang sebagai yang baru tumbuh, tentunya bank syariah tidak bisa dengan cepat sejajar dengan bank konvensional yang sudah dikenal lama masyarakat.

"Agar kinerja perbankan syariah bisa meningkat diperlukan berbagai upaya termasuk perlunya dukungan kuat dari pemerintah," katanya yang didampingi Kepala Sekretariat Perusahaan Bank Syariah Bukopin, Evi Yulia  Kurniawati.

Sosialisasi tentang perbankan syariah misalnya, ujar Adil  harus terus digencarkan.

IB Vaganaza Medan misalnya yang digelar rutin setiap tahun merupakan satu langkah promosi atau soslalisasi yang tepat.

Adil mengakui, sebenarnya pemerintah sudah memberi dukungan yang besar juga untuk perkembangan industri bank syariah seperti menyangkut dana haji yang diserahkan ke perbankan syariah.

"Perbankan syariah juga sudah mulai dipercayakan menjadi pendana proyek strategis," katanya.

Tetapi, dukungan perlu terus ditingkatkan karena ibarat bayi yang baru lahir harus banyak dibantu untuk bisa menjadi bisa segalanya.

Dengan dukungan semua pihak, diharapkan fungsi intermediasi perbankan syariah berjalan optimal yang tercermin dari rasio pembiayaan terhadap dana pihak ketiga dan kualitas pembiayaan yang baik dengan rasio pembiayaan bermasalah (NPF net) rendah.

Pemimpin Cabang Bank Syariah Bukopin Medan, Yuanda Angka Kusuma didampingi Manager Pelayanan dan Operasi Cabang  Medan, Khairil mengatakan, Bank Syariah Bukopin  akan kembali ikut di iBVaganza Islamic Banking (iB) di Medan, 7-9 April 2017.

Bukopin Syariah, katanya akan menawarkan berbagai  program menarik untuk nasabah jika membuka tabungan di stan bank itu.

Mulai program  Ekspresi  iBSiAga  dan Golf Ceria dan hadian menarik lainnya bagi penabung.

Juanda menegaskan, Tabungan iBSiAga hingga dewasa ini merupakan  produk simpanan yang mudah dapat dimiliki oleh masyarakat dengan setoran awal cukup dengan Rp50.000.

Keunggulan Tabungan iB SiAga antara lain bebas biaya administrasi bulanan dan ATM dan ATM-nya bisa  digunakan sebagai ATM Debit.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017