Pangururan, 4/4 (antarasumut)- Bupati Samosir Rapidin Simbolon buka rapat koordinasi penguatan Pemerintah Desa dan sosialisasi pembentukan BUMDes yang dikuti seluruh Kepala Desa, Sekretaris Desa, BPD, Kasi PMD dari 4 Kecamatan yaitu Kecamatan Simanindo, Kec. Palipi, Kec. Sitiotio dan Kec. Onanrunggu  di Aula AE. Manihuruk Pangururan, Selasa, (04/04). 

Bupati Samosir memberikan arahan, antara lain bahwa Pemerintahan Desa merupakan program kebijakan unggulan dari Presiden Jokowi (Nawacita ke 3 yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan).

Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa Rawati Simbolon, , Kabag Humas Rohani Bakara, Kabag Umum Vikbon Simbolon dan Camat.

Pemerintah Pusat telah mengeluarkan anggaran untuk desa di atas 1 M, untuk itu
Seluruh Kepala Desa agar benar-benar untuk lebih memperhatikan bagaimana penggunaan dana desa untuk memperkuat desa itu sendiri dan memperkuat seluruh elemen-elemen masyarakat," pesan Bupati

Rapat tersebut bertujuan untuk penguatan Pemerintahan Desa, menyatukan persepsi antara pemerintah desa dengan BPD dan masyarakat, meningkatkan keharmonisan hubungan kerja antara pemerintah desa, BPD dan masyarakat, pembekalan diri pelaksanaan DD-ADD-Restribusi daerah bagi hasil pajak, sebagai upaya pencegahan/antisipasi permasalahan di desa, penegasan program unggulan terkait pembangunan desa tahun 2017 antara Pemerintah Pusat, Daerah dan Desa, percepatan pembentukan BUMDes di setiap desa dan memberi dukungan untuk pembentukan satgas perlindungan anak di Samosir.

Badan usaha milik desa ( BUMDes ) merupakan sumber pendapatan desa, untuk itu para Kepala Desa agar segera membentuk BUMDes.

Kepala Desa harus mampu menciptakan kreasi dan lebih kreatif,  bisa menerima masukan dan saran dari masyarakat maupun dari perangkat desa, bekerja dengan sunggu-sungguh, kepala desa harus jeli untuk membuat pembangunan di desanya, kepala desa dengan sekdes dan BPD harus saling kerjasama, Camat dan kepala desa bersama PKK harus menciptakan kebersihan lingkungan desanya, kepala desa diminta agar gotong royong di desa terus laksanakan.

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017