Sei Rampah, 2/3 (Antarasumut) - Dalam rangka melestarikan sekaligus menggali keragaman budaya Jawa, Paguyuban Temu Kangen Bedah Budaya menggelar silaturahmi mengawali kegiatannya ditahun 2017 yang dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Komplek Kantor Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Kamis.

Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman memberikan apresiasi yang besar kepada paguyuban temu kangen Bedah Budaya yang menggelar acara dengan tujuan melestarikan budaya jawa. 

Untuk itu Bupati menekankan agar  memperhatikan  adat budaya jawa khususnya dalam bahasa jawa karena ini merupakan tanggung jawab bersama. 

“Jangan sampai hilang ditelan zaman karena  saat ini menurut penelitian lembaga dunia UNESCO bahwa hanya tersisia 300 bahasa daerah termasuk bahasa jawa, dan justru jumlah tersebut dikhawatirkan semakin berkurang,” kata Bupati Soekirman.

Sebelumnya Ketua Paguyuban Temu Kangen Bedah Budaya H. Poniman dalam sambutannya mengatakan  selain untuk melestarikan budaya Jawa kegiatan ini juga untuk menjalin silaturahmi. Disamping itu juga dihimbau bagi suku Jawa harus bisa dan mengerti bahasanya sendiri. Budaya dan tata cara adat jawa harus terus dikembangkan dan dilestarikan dan itu tentu dimulai dari kita dan anak-anak cucu kita, kata H. Poniman.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017