Samosir, 22/3 (Antarasumut) - Pemkab Samosir mengadakan kegoatan peringatan Hari Air se Dunia di Rumah Belajar Sopo Desa Lottung, Kecamatan Simanindo, Rabu.
     Kegiatan diikuti Wakil Ketua KPK RI, Saut Situmorang, Gubernur Sumatera Utara, HT Ery Nuradi, Bupati Samosir, Rapidin Simbolon, Wakil Bupati Samosir, Juang Sinaga, Bupati Taput, Bupati Tobasa, Bupati Humbahas, Bupati Karo, Wakil Bupati Simalungun, Wakil Wali Kota Pematangsiantar, DPRD Sumut, Kapolres Samosir, SKPD Prov Sumut, SKPD Samosir, Yayasan Alusi Tao Toba, tokoh masyarakat dan masyarakat Lottung, para pelajar tingkat Paud, SD dan SMP.
      Gubernur Sumut dalam arahannya mengingatkan agar masyarakat dapat memahami pentingnya air bagi kehidupan dan lingkungan yang bersih bagi kehidupan.
     Untuk itu, masyarakat diharapkan agar peduli lingkungan, terutama melestarikan Danau Toba yang merupakan danau terbesar ke dua di dunia dan menjadi danau kebanggaan Indonesia.
     Gubernur Sumut juga mengharapkan Pemkab Samosir segera memperbaiki dan membangun jalan Tomok-Lottung dan apabila tidak ada dananya segera buat proposalnya ke Pemerintah Provinsi.
     Gubernur Sumut memberikan perhatian khusus kepada pelajar untuk tetap cinta lingkungan dan menjauhi narkoba yang dapat merusakan moral, mental dan masa depan.
     Bupati Samosir menyambut baik kegitan itu dan mengapresiasi Yayasan Alusi Tao Toba yang mengkampanyekan kebersihan Danau Toba sebagai salah satu program hari air sedunia.
      "Kami juga berharap Pak Gubernuragar memimpin seluruh daerah di kawasan Danau Toba agar lebih berkomitmen dan lebih berintregritas untuk kebersihan Danau Toba sebagai mana pesan Presiden RI Joko Widodo," kata Rapidin.
      Peringatan diakhiri dengan penandatanganan komitmen bersama untuk menjaga air Danau Toba oleh Wakil Ketua KPK, Gubernur Sumut, kepala daerah kabupaten/kota se kawasan Danau Toba.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017