Perbaungan 16/3 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, mendorong para siswa di daerah ini gemar membaca karena kunci untuk menyerap ilmu pengetahuan berasal dari buku.

"Jadikan membaca sebagai hobi karena membaca adalah jendela ilmu," kata Bupati Serdang Bedagai Soekirman di Perbaungan, Kamis, menanggapi pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah di SMPN 3 Kecamatan Perbaungan.

Ia mengatakan buku merupakan jendela dunia, karena dengan bukulah ilmu ilmu pengetahuan bisa diperoleh dan dengan pengetahuan lah pembangunan dapat dijalankan demi kesehateraan masyararakat.

"Buku juga merupakan inspirasi serta teman untuk menggali berbagai informasi yang ada didalamnya, untuk itu setiap siswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca, menulis, memahami dan menganalisis apa yang terkandung di dalam buku tersebut," katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan generasi muda sebagai penerus bangsa harus lebih meningkatkan semangat membaca buku, sebab ilmu pengetahuan tidak akan datang sendiri tanpa kita yang mencarinya.

Berbeda halnya dengan dulu yang sangat susah mencari buku karena harganya yang terbilang mahal, namun saat ini sangat mudah menemukan buku di berbagai tempat, lembaga serta toko-toko yang menyediakan buku.

"Para siswa harus bisa memanfaatkan keadaan tersebut untuk dapat menggali ilmu pengetahuan. Perbanyaklah membaca buku, bukan hanya buku pelajaran namun juga buku umum lainnya," katanya.

Selain itu ia juga mengingatkan bahwa dewasa ini teknologi informasi sangat berkembang pesat dan melalui teknologi tersebut semua informasi dari belahan dunia lain akan dengan cepat sampai melalui internet.

"Namun kita juga harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya, sebab teknologi yang hampir tak memiliki batas itu akan lebih membahanyakan jika tak dapat dimanfaatkan dengan benar," katanya.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017