Panyabungan, 7/3 (Antarasumut) - Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemkab Mandailing Natal (Madina) dan masyarakat umum 'menyerbu' stand Pengobatan Kesehatan Gratis yang dibuka Fakultas Kedokteran USU dalam peringatan Hari Jadi Pemkab Madina ke 18 tahun.

Pengobatan kesehatan gratis yang disediakan Fakultas Kedokteran USU melibatkan Koperasi Pengembangan (KP) USU bersama Asian Agri, perusahaan perkebunan terbesar di Indonesia. 

Usia dibuka secara resmi peringatan Hari Jadi Pemkab Madina ke 18 tahun oleh Bupati Dahlan Hasan Nasution, masyarakat berduyun-duyun antri ingin memeriksakan kesehatannya. Bupati Madina menyempatkan diri menyambangi stand kesehatan gratis yang dihadirkan KP USU. 

Pemeriksaan kesehatan gratis yang diberikan tim medis Fakultas Kedokteran USU berupa cek tensi, kolestrol, gula darah dan asam urat serta konsultasi dengan dokter secara langsung.

Menurut dr Hasanul Arifin, perwakilan tim medis dari Fakultas Kedokteran USU mengatakan, sebanyak 6 orang tenaga medis (3 orang dokter dan 3 mahasiswa) yang dilibatkan dalam pengobatan gratis. 

"Pelayanan kesehatan yang diberikan berupa pengecekan tensi, kolestrol, gula darah dan asam urat serta konsultasi masalah-masalah kesehatan yang dialami masyarakat," ucap dr Hasanul.

Dalam kesempatan itu, dr Hasanul mengimbau masyarakat agar selalu memeriksakan kesehatannya secara rutin di Puskesmas maupun di pusat pelayanan kesehatan. "Penting untuk memeriksakan kesehatan. Apalagi bagi masyarakat yang usianya telah beranjak diatas 40 tahun, karena beresiko terkena stroke," ungkapnya.

Kepada masyarakat Madina, dr Hasanul  mengingatkan, agar menghindari penyakit stroke. "Stroke kini menjadi 'pembunuh' manusia yang cukup menakutkan. Penyakit ini menyerang otak manusia yang kemudian menjalar ke bagian syaraf, yang dapat menyebabkan tidak berfungsinya syaraf-syaraf motorik," ucapnya.

dr Hasanul menambahkan, penyakit stroke disebabkan diabetes, rokok, konsumsi makan-makanan yang mengandung kolestrol tinggi, seperti daging-dagingan, makanan instans, seafood maupun buah durian yang dikonsumsi secara berlebihan.

"Untuk menghindarinya terserang stroke, maka periksalah kesehatan secara rutin ke dokter. Salah satunya melalui pusat pengobatan gratis yang disediakan Fakultas Kedokteran USU bekerjasama dengan KP USU dan Asian Agri, masyarakat dapat mencegah penyakit yang membahayakan jiwa manusia secara dini," ucapnya.

Salah seorang pengunjung stand Pemeriksaan Kesehatan Gratis Fakultas Kedokteran USU berminat memeriksakan kesehatannya karena ingin memastikan dirinya terhindar dari yang namanya penyakit kolestrol, gula darah dan asam urat.

"Aksi sosial seperti ini sangat baik, karena membantu sangat masyarakat agar terhindar dari penyakit berbahaya. Jika terdeteksi, maka dapat dicegah secara dini," cetusnya.

Sementara itu, Humas KP USU Rahmatullah mengatakan, ini yang kedua kali KP USU terlibat dalam perayaan Hari Jadi Pemkab Madina dengan mengadakan Pemeriksaan Kesehatan Gratis menggandeng Fakultas Kedokteran USU bersama Asian Agri.

Rahmatullah menyebutkan, kehadiran KP USU di kota sejuta santri kiranya dapat bermanfaat bagi masyarakat maupun pemerintah daerah Madina.  

"KP-USU adalah salah satu koperasi yang mengelola perkebunan kelapa sawit yang berada di Kecamatan Muara Batang Gadis Kab. Mandailing Natal, dan kami berharap keberadaan kami dapat memberikan manfaat baik bagi pemerintah maupun bagi masyarakat. Salah satunya dengan melalukan pemeriksaan kesehatan gratis seperti hari ini," ujarnya di sela-sela perayaan HUT Madina ke 18 pada 6 Maret 2017 di Taman Raja Batu Kab. Mandailing Natal.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017