Panyabungan, 16/1 (Antarasumut) – Kantor Dinas   Dinas Kependudukan, Catatan Sipil, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mandailing Natal (Madina) temukan seorang warga negara  Thailand menjadi pekerja di Panyabungan.

Warga Negara asal Thailand yang diketahui bernama Panang (50 tahun) ini diamankan Disnakertrans pada salah satu ruko di jalan Lintas Timur, Panyabungan ketika melakukan kegiatan pengumpulan buah manggis.

“ Ia, pada Kamis (12/1) kita telah menemukan seorang warga negara asal Thailand tanpa dibekali surat-surat yang resmi menjadi pekerja pengumpul buah manggis pada salah satu Ruko di jalan lintas Timur, Panyabungan,” Ujar Kepala Disnakertrans Madina,  Syamsir Lubis kepada wartawan di Panyabungan, Senin.

Ia mengatakan, pada  penemuan tersebut pihaknya melakukan pemeriksaan terkait  pasport dan Visa namun warga negara asing itu hanya memiliki visa melancong dan bukan sebagai tenaga kerja.

“Setelah kita periksa pasport dan visa lanjutnya, ternyata oknum TKA hanya mempunyai visa melancong bukan sebagai tenaga kerja,” ujarnya.

Dikatakannya,  pengawasan terhadap keberadaan warga negara asing dikabupaten Mandailing Natal ini dilakukan sesuai dengan tugas dan fungsi Instansinya sebagai pengawas tenaga kerja di kabupaten tersebut, apalagi dalam waktu belakangan ini kehadiran warga negara asing di Mandailing Natal tergolong tinggi.

“Kita akan terus melakukan pengecekan dan pengawasan  terhadap kehadiran warga negara asing  baik itu pada perusahaan-perusahaan asing maupun lainnya,” ujar Syamsir.

Sementara itu,Kapolres Madina, AKBP, Rudi Rifani, SIK saat dikonfirmasi wartawan  melalui selulernya mengatakan, membenarkan penemuan TKA asal Thailand tersebut.

“ Warga Negara asing  asal Thailand yang ditemukan Disnaker tersebut sudah kita serahkan langsung kepada pihak Imigrasi di Sibolga pada hari itu juga,” ujar Kapolres.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017