Tebing Tinggi,23/12(antarasumut)- Pj Walikota Tebing Tinggi H Zulkarnain diwakili Kadis Perhubungan Syafrin Harahap bersama Kapolres AKBP Ciceu Cahyati dan Kepala BNNK Kompol Bambang Rubianto serta Karumkit Bhayangkara Kompol dr Rommy Sebastian 

Saksikan secara langsung pemeriksaan kesehatan dan test urine para pengemudi (sopir) serta cek kendaraan Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) yang dilaksanakan di Terminal Bandar Kajum Jalan Yos Sudarso Kota Tebing Tinggi, Jumat (23/12) pagi.

AKBP Ciceu Cahyati menyampaikan hal ini dilakukan untuk mencegah dan menekan angka kecelakaan lalulintas dijalan raya yang disebabkan karena  kondisi bus yang kurang baik serta sopir bus yang kurang sehat. "

Seluruh pengemudi akan di cek urine dan kesehatannya, dan kita juga telah mempersiapkan obat dan vitamin bagi pengemudi yang sedang mengalami sakit atau kurang sehat. Dan bila ditemukan pengemudi yang terindikasi positif mengkonsumsi narkoba dari test urine maka kita akan menyerahkan penangananya kepada pihak BNN test urine dilakukan dilokasi ujarnya. 

AKBP Ciceu Cahyati mengatakan bagi pengemudi yang positif mengunakan narkoba akan dilarang untuk meneruskan perjalanannya demi mencegah hal-hal yang tidak  diinginkan. Begitu juga dengan kendaraan yang setelah dicek mengalami kerusakan dan tidak layak jalan dilarang untuk melanjutkan perjalanan. 

Pemeriksaan ini dilakukan untuk memberikan kenyaman kepada para penumpang, dan ini juga untuk mencegah kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian sopir. Dengan kegiatan cek kesehatan sopir dan kondisi kendaraan angka kecelakaan mudah-mudahan dapat diturunkan", imbuh Kapolres. 

Kepada sopir yang mengalami gangguan kesehatan setelah hasil pemeriksaan, selanjutnya diberikan obat Neorebion dan vitamin agar kondisi tubuhnya kembali fit, dan bagi supir yang kelelahan dianjurkan untuk terlebih dahulu beristirahat.

Dan diperingatkan kepada mereka untuk berhati-hati dalam mengemudi. Pihak Satlantas dan Dinas Perhubungan juga melakukan pemeriksaan surat-surat kenderaan, apabila ada yang melanggar aturan, petugas hanya memberikan tilang teguran. Kondisi bus seperti rem dan ban juga tidak luput dari pemeriksaan petugas. 

Dalam kegiatan ini, salah seorang sopir Bus KUPJ BK 7159 DN yang akan menuju ke Medan, Jhon Piter Saragi (28) warga Pasar I B Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun setelah menjalani tes urine terbukti positif telah mengkonsumsi narkotika golongan I jenis Sabu. 

Kepada petugas Jhon Piter mengakui jika dirinya pada malam sebelumnya telah mengkonsumsi narkotika jenis Sabu. "Untuk sementara pengemudi ini akan kita amankan ke kantor BNN guna menjalani pemeriksaan", terang Kepala BNN Kota Tebing Tinggi Kompol Bambang Rubianto.

Kegiatan yang dipusatkan diterminal Bandar Kajum ini juga dihadiri Kasat Lantas Polres Tebing Tinggi AKP Imam Alriyuddin, Kabid Hubungan Darat Dinas Perhubungan Bernad Hutapea, Kepala Jasa Raharja Tebing Tinggi Desmon Tambunan serta Kasi Penindakan BNN Kota Tebing Tinggi AKP Pahotan Manurung. 
 
       

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016