Medan, 22/12 (Antarasumut) - Telkomsel mengoperasikan layanan internet cepat 4G LTE  di Humbang Hasundutan atau Humbahas, yang merupakan salah satu daerah yang dianggap berpotensi dalam pariwisata dan perekonomian khususnya dengan dioperasikannya Bandara Silangit.

"Dengan layanan internet cepat itu memberikan akses mobile broadband terbaik kepada para pelanggan di kawasan itu seperti yang sudah juga dinikmati beberapa kota/kabupaten di Sumut antara lain Binjai, Nias, Siantar, Padangsidempuan dan kawasan Danau Toba," ujar Direktur Network Telkomsel, Sukardi Silalahi di Medan, Kamis.

Dengan cakupan jaringan terluas di Humbahas, layanan itu akan memberikan dampak yang positif kepada masyarakat daerah tersebut khususnya dalam mencari dan bertukar informasi dengan lebih cepat.

Kehadiran teknologi terkini 4G LTE di Humbahas itu juga diharapkan akan mendukung perkembangan ekonomi dan pembangunan kawasan tersebut.

"Kehadiran 4G LTE di Humbahas itu merupakan bagian dari komitmen Telkomsel untuk membangun negeri,"katanya.

Di Humbahas, layanan Telkomsel 4G LTE dengan kecepatan rata-rata 25 Mbps tersebut hadir mencakup hingga 80 persen wilayah di kota Dolok Sanggul termasuk sekitar kantor bupati.

Layanan itu didukung oleh 19 Node B (BTS 3G) sehingga pelanggan dapat terus merasakan pengalaman mobile broadband terbaik.

"Telkomsel melihat adanya kebutuhan akan akses data yang lebih cepat di Humbahas, apalagi daerah itu memiliki tingkat kunjungan wisatawan yang tinggi seiring dengan sudah beroperasi penuhnya Bandara Silangit,"katanya.

Dengan 4G LTE akan mempermudah kebiasaan para wisatawan untuk mengunggah foto maupun video ke berbagai aplikasi maupun media sosial yang bisa menjadi ajang promosi.

Hadirnya layanan Telkomsel 4G LTE akan memberikan pelanggan pengalaman mobile digital lifestyle yang sesungguhnya, dimana layanan itui akan memungkinkan pelanggan untuk dapat melakukan download, upload ataupun sharing berbagai jenis konten dalam file besar seperti foto, video, games, aplikasi dan lain sebagainya dengan lebih baik.

"Agar bisa memanfaatkan jaringan luas itu, pelanggan di Humbahas sudah dapat menukarkan simcard yang dimiliki sebelumnya dengan uSIM (simcard 4G), ataupun mendapatkan kartu perdana 4G simPATI dan kartuHALO di pusat-pusat layanan pelanggan Telkomsel (GraPARI) di Humbahas."ujar Sukardi.

Bupati Humbahas,  Dosmar Banjarnahor,  mengaku menyambut baik hadirnya 4G LTE Telkomsel yang satu-satunya hadir dengan jaringan terluas di Humbahas.

Dosmar menyebutkan, dengan kecepatan yang dihasilkan oleh layanan 4G LTE, layanan tersebut dapat mendukung upaya pemerintah di dalam meningkatkan pelayanan publik melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi termasuk meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis internet.

Layanan internet cepat itu juga diharapkan bisa meningkatkan jumlah wisatawan dan termasuk perekonomian daerah tersebut.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016