Kotapinang, 22/10 (Antarasumut) - Ratusan santri Pondok Pesantren Da'ar Al-Ma'arif, Kotapinang, kader NU, Gemasaba dan PKB mengikuti pawai taaruf memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2016 di Kab. Labusel.

Pawai yang dilepas, Sabtu dari halaman PP Da'ar Al-Ma'arif, Kotapinang di Jln. Besilam Baru, Desa Sosopan dan finis di depan Sekretariat DPC PKB, Jln. Bedagai Kel. Kotapinang.

Peserta pawai hanya memakai separuh badan jalan, sehingga tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas dan pengguna jalan lain.

Usai gerak jalan menempuh jarak lebih kurang enam kilometer, para peserta kemudian dijamu makan dan diberikan bingkisan.

"Gerak jalan dilakukan untuk memeriahkan HSN 2016. Selain itu, kegiatan ini sekaligus untuk mengenang resolusi jihad NU. Saya berharap kirab hari santri ini akan memperkuat ukhuwah Islamiyah dan kesatuan serta persatuan bangsa Indonesia semakin terjaga," kata Mahmuddin Siregar.

Sementara itu Ketua DPC PKB Kab. Labusel, Sangkot Nasution mengatakan ditetapkannya HSN oleh Presiden Jokowi membuat warga, khususnya santri semakin menyadari hebatnya perjuangan alim ulama, kyai dan para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Karenanya kata dia, kegiatan tersebut sangat positif dalam memberikan contoh kepada generasi muda, khususnya santri agar mewarisi semangat juang para pendahulu.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016