Medan, 7/12 (Antara) - Pemerintah Kota Medan menerima penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dari Ombudsman RI karena dinilai telah memenuhi standar pelayanan di semua unit pelayanan.

Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Medan, Rabu, mengatakan penghargaan yang diterima tersebut akan semakin memotivasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Untuk itu dia mengingatkan kepada seluruh jajarannya agar tidak puas dengan hasil yang diperoleh ini.

"Jadikan ini sebagai motivasi untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan kemauan, keikhlasan dan kerja keras yang kita lakukan, Insya Allah pelayanan publik di Kota Medan bisa lebih baik lagi ke depannya," katanya.

Pemkot Medan berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan Ombudsman, berhasil meraih nilai rata-rata 83,35 dan masuk zona hijau dengan Peringkat Kepatuhan Tinggi.

Penilaian ini diberikan setelah ombudsman melakukan observasi pada Mei-Agustus 2016.

Berdasarkan hasil penilaian yang telah dilakukan Ombudman, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan paling tinggi nilai standar pelayanan publik dari 16 SKPD yang telah diobservasi.

Dari lima produk layanan yang dilakukan seperti izin trayek, izin usaha angkutan, kartu pengawasan, pendaftaran kendaraan tidak bermotor, pendaftaran sepeda motor, barang serta betor, Dishub mendapatkan nilai 96 untuk masing-masing produk layanan.

Sedangkan SKPD yang paling rendah penilaiannya yakni Dinas Sosial dan Tenaga kerja (Dinsosnaker).

Dari tiga produk layanan yang dilakukan meliputi penerbitan AK-1 (kartu pencari kerja), penerbitan izin lembaga pengguna tenaga kerja swasta (LPTKS) dan rekomendasi pembuatan paspor Tenaga Kerja Indonesia, dinas itu hanya mendapatkan nilai 51 sampai 56,50 untuk ketiga produk layanan tersebut.

Lebih lanjut Eldin mengatakan, pihaknya yakin pelayanan yang diberikan masih belum memuaskan masyarakat sepenuhnya, namun dengan dukungan penuh dari seluruh masyarakat, Eldin akan berupaya sekuat tenaga akan terus melakukan perbaikan.

"Kita ingin memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kota Medan," katanya.

Tidak lupa ia juga mengucapkan terima kasih kepada SKPD yang terus berinovasi dan melakukan perubahan dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Sedangkan bagi SKPD yang nilainya masih rendah, Eldin berjanji akan terus melakukan perbaikan sehingga pelayanan yang diberikan lebih memuaskan masyarakat ke depannya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Tengku Amri


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016