Sipirok,7/12 (Antarasumut) - Kabupaten Tapanuli Selatan bersama 83 dari 548 Propinsi, Kabupaten/Kota lainnya menerima anugerah Dana Rakca dari Presiden RI,  di Gedung Dhanapala Kompleks Kementerian Keuangan RI, Jakarta, Rabu.

"Penghargaan Dana Rakca ini merupakan penghargaan bagi Kabupaten/Kota dan Provinsi yang Pengelolaan Keuangan dan  Pendanaan Pembangunan Daerah dan Desa terbaik," kata Bupati Tapanuli Selatan Kepada ANTARA melalui selularnya usai menerima penghargaan tersebut, Rabu.

Dia mengatakan penghargaan tersebut diterima langsung dari Menteri Perekonomian RI Darmin Nasution didampingi  Mendagri Tjahyo Kumolo, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang PS Brodjonegoro, dan Wakil Menkeu RI Mardiasmu.

Bupati Syahrul M.Pasaribu mengungkapkan, Kabupaten Tapanuli Selatan dan Provinsi serta Kabupaten/Kota lain, menerima anugerah tersebut karena beberapa indikator.

Diantaranya peningkatan pengelolaan keuangan yang baik, mendapat raport Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berturut-turut (minimal 2x), peningkatan pelayanan masyarakat, dan lainnya.

"Anugerah ini merupakan marwah atau sebagai ukuran sebuah daerah dalam mewujudkan pengelolaan keuangan yang baik sesuai yang diharapkan pemerintahan Joko Widodo saat ini," kata Syahrul.

Penghargaan ini, kata dia diperuntukkan untuk semua masyarakat Tapanuli Selatan umumnya, dan seluruh jajaran apartur pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan khususnya.

"Anugerah ini tidak akan membuat jajaran Pemkab Tapsel merasa puas, karena masih banyak sektor lain yang akan semakin kita tingkatkan demi memajukan Tapanuli Selatan," pungkasnya.

Untuk prestasi ini Tapanuli Selatan menerima tambahan insentif untuk Tahun Anggaran 2017 sebesar Rp50 milyar lebih, dan dana tersebut menurut Syahrul akan digunakan untuk kemajuan pembangunan Tapsel.

"Harapan kita kedepan Tapanuli Selatan bisa berkompetisi dengan daerah Kabupaten lainnya di Indonesia sekaligus mewujudkan visi misi mewujudkan masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas, dan sejahtera ," kata Syahrul.

Sektor pembangunan yang akan ditingkatkan tambahnya peningkatan Sumber Daya Manusia Pengelolaan Keuangan Daerah, Pertanian, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), Pertanian, Infrastruktur, dan peningkatan Pendidikan dan Kesehatan.

Disampaikannya juga untuk Provinsi Sumatera Utara  penerima Dana Rakca Tahun ini hanya dua daerah kabupaten  Pemkab Tapanuli Selatan. Dan  Pemkab Dairi.





Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016