Samosir, 23/5 (Antarasumut) - Para kepala desa di kabupaten samosir diminta bantuannya untuk mensukseskan program pendataan kependudukan di daerah itu.
     "Mereka (kepala desa) yang menjadi ujung tombak di lingkungan dan kami siap melayani," kata Kepala Dinas kependudukan dan Catatan Sipil, Melani Butar-butar, Senin, melihat masih minimnya warga yang mengurus dokumen kependudukannya.
      Dia optimis dengan proaktifnya perangkat desa mengimbau dan memberikan penjelasan kemanfaatan dokumen kependudukan, warga antusias mengurusnya.
       Dari data semester II tahun 2015 , sebanyak 14.342 jiwa warga sudah memiliki akta kelahiran, dan 128.000 lainnya belum memiliki.
     "Penyebab begitu banyaknya warga yang belum memilikk akta kelahiran, tak lain karena warga belum mengurusnya," kata Melani.
      Sementara Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil selalu telah mensosialisasikan dan siap melayani serta membantu hal-hal pendukung.
     Dikatakan, untuk tahun 2016 belum ada program pelayanan langsung ke masyarakat, tetapi tahun-tahun sebelumnya itu telah dilaksanakan.


Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016