Medan, 17/11 (Antara) - Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan pelaku koperasi dan UMKM harus senantiasa meningkatkan daya saing dengan terus mengembangkan ide, kreativitas dan inovasi sehingga produk yang dihasilkan semakin disukai masyarakat.

"Untuk itu persaingan ide, kreatifitas dan inovasi harus terus dilakukan. Itu adalah kunci kesuksesan UMKM.Yang lebih penting lagi, para pelaku UMKM tidak boleh cepat puas dengan hasil yang telah diperoleh saat ini," kata Wawali Medan Akhyar Nasution di Medan, Kamis.

Dikatakan, dalam kehidupan global seperti saat ini, yang terjadi adalah persaingan ide, kreativitas, dan inovasi, karena itu rasa puas dalam kreativitas adalah titik turun yang harus dihindari.

"Pemahaman ini perlu kita hayati untuk memajukan koperasi dan UMKM yang selama ini telah menjadi soko guru perekonomian kita," katanya.

Untuk itu Akhyar mengharapkan agar para pelaku koperasi dan UMKM percaya diri dalam menjual produk-produk lokal, apalagi di medan juga ada tempat yang memasarkan produk lokal seperti di Taman Lili Suheri.

"Di samping itu, Medan juga terkenal dengan kulinernya yang nikmat dan khas. Kita punya kue Rasyid, Bika Panggang, ada pula Ombus-ombus, Cika. Tinggal bagaimana ide, kreativitas dan inovasi kita untuk mengemas produk khas Medan ini sehingga dikenal di nusantara maupun dunia global," katanya.


Sementara terkait pemilihan Duta Koperasi dan UMKM yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, AKhyar mengatakan para duta yang terpilih juga harus memiliki ide, kreativitas dan inovasi dalam memperkenalkan produk-produk koperasi dan UMKM kepada masyarakat.


Para Duta Koperasi dan UMKM juga dituntut komunikatif di tengah masyarakat, cerdas serta memiliki pengetahuan yang luas tentang koperasi dan UMKM di Medan agar dapat memberikan pencitraan produk sehingga masyarakat cinta pada produk lokal.


"Duta Koperasi dan UMKM yang terpilih, juga harus mempunyai pengetahuan dengan produk khas lokal dan dapat menyosialisasikannya ke tengah-tengah masyarakat," katanya.***3***





(T.KR-JRD/B/M019/M019) 17-11-2016 09:36:22

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016