Medan, 8/11 (Antarasumut) - Persatuan Wanita Patra Pertamina Marketing Operation Region I menyosialisasikan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada pelajar dari sejumlah sekolah di Medan Marelan, Selasa.
 
Sosialisasi dengan tema "Generasi Cerdas Berani Tolak Semua Narkoba" tersebut merupakan rangkaian dari peringatan HUT Pertamina ke-59.

Sosialisasi tersebut diikuti ratusan siswa sekolah dari SMP Aljamiyatul Washliyah 26 Medan Marelan, SMU Budi Agung, SMU Yos Sudarso, SMU Harapan Marelan VI, SMU Al-Hikmah dan SMPN 38.

Ketua Persatuan Wanita Patra (PWP) Marketing Operation Region I Lisbeth Romulo mengatakan, informasi tentang bahaya penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang itu perlu diajarkan sejak usia dini, khususnya di kalangan pelajar.

Dengan demikian, calon penerus bangsa tersebut dapat mengetahui bahaya penyalahgunaan narkoba, baik untuk kesehatan mau pun masa depannya.

"PWP peduli dan menaruh perhatian kepada anak-anak agar dapat terhindar dari narkoba karena anak-anak adalah penerus bangsa. Oleh sebab itu kami merasa perlu memberikan sosialisasi antinarkoba kepada anak-anak sekolah," katanya.

Sementara itu, perwira BNM Sumut AKBP Saudara Sinuhaji menjelaskan, narkoba memiliki pengaruh besar terhadap tindak kejahatan manusia

Karena itu, tidak mengherankan jika 80 persen tahanan yang ada di lapas dam rutan di Tanah Air berasal dari kasus peredaran gelap dan penyalahgunaan narkotika.

Dengan besarnya bahaya narkoba tersebut, BNN terus melalukan pencegahan dan pemberantasan berbagai bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN).

"Untuk menekan angka penyalahgunaan narkoba di kalangan masyarakat, khususnya pelajar yang saat ini sebagai pecandu terbanyak, BNN giat melakukan sosialisasi dan penyuluhan narkoba secara rutin ke sekolah-sekolah," katanya.

Selain merusak kesehatan, kata dia, penyalahgunaan juga dapat menyebabkan gangguan mental dan kejiwaan, serta mempengaruhi susunan syaraf yang mengakibatkan ketergantungan.  

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016