Manado, 8/11 (Antara) - Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Lukita Dinarsyah Tuwo menilai Indonesia harus mampu mendorong ekspor, terutama sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Indonesia harus mampu mendorong ekspor. Kita harus dapat membekali pengusaha guna memperluas pasar ekspor ke ASEAN," ujar Lukita di Manado, Selasa.

Oleh karena itu, kata Lukita, diperlukan peningkatan kapasitas UMKM dalam penyesuaian dengan pasar global. Saat ini hampir sebagian besar UMKM menggunakan jasa perantara dalam melakukan ekspor.

Lukita menuturkan hal tersebut dikarenakan UMKM mempunyai keterbatasan, yaitu hambatan dalam hal kebijakan dimana terdapat disiplin pasar yang menyebabkan UMKM sulit bersaing, antara lain ketentuan ekspor, ketentuan impor di negara tujuan, syarat syarat distribusi di luar negeri, dan dokumentasi.  

Keterbatasan lainnya yakni berupa kendala yaitu penyesuaian pasar dimana UMKM belum memiliki kemampuan untuk melakukan ekspor secara sendiri, dan terdapat kendala persaingan antara lain standarisasi, sertifikasi, pengemasan dan pelabelan.

Pewarta: Citro

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016