Samosir, 28/9 (Antarasumut) - Bupati Samosir, Rapidin Simbolon menyerahkan bantuan kepada kelompok tani (Poktan) berupa traktor tangan atau handtractor, Rabu, di aula kantor Dinas Pertanian. 
     Bupati mengingatkan agar bantuan alat pertanian tersebut dirawat dan dimanfaatkan dengan baik untuk keperluan persawahan secara bergilir sehingga adil.
     "Bila tidak, maka pemerintah akan menarik bantuan tersebut," kata Bupati. 
     Dinas Pertanian diinstruksikan berperan aktif mengawasi penggunaan bantuan kepada kelompok tani, termasuk tidak dipinjamkan ke kelompok tani lainnya. 
     "Saatnya petani di Kabupaten Samosir bangkit meningkatkan produksi dan pemerintah setempat siap memberikan bantuan yang diperlukan," kata Bupati.
     Misalnya ingin mengelola lahan tidur menjadi produktif, petani dianjurkan dan dipersilakan mengajukan permohonan kepada pemerintah.
     "Masyarakat atau petani jangan segan-segan untuk datang menjumpai Bupati, silakan datang dan sampaikan keluh kesah supaya dicarikan solusi," pesan Bupati.
     Bupati juga mengimbau agar ketua kelompok tani bijak dalam memanejemen anggota, mengelola bantuan sehingga kehidupan kelompok tani makin sejahtera.
     Dandim 0210/TU, Letkol Baginta Bangun mengatakan, TNI siap mendukung peningkatan swasembada pangan, dan membantu masyarakat mengelola lahan tidur.
     "Jangan malu jadi petani, di era sekarang ini bertani tidaklah menjadi suatu pekerjaan yang rendah, dengan bertani masyarakat juga bisa makmur," kata Baginta.

Pewarta: Waristo

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016