Samosir, 22/8 (Antarasumut) - Pegiat seni dan budaya di Kabupaten Samosir menggelar festival musik Batak yang merupakan kekayaan budaya daerah supaya tetap dilestarikan generasi muda.
     Pagelaran World Music Toba Caldera Festival 2016 dibuka Bupati Samosir, Rapidin Simbolon di halaman Hotel Dainang, Pangururan, Senin.
     "Pagelaran ini suatu nilai yang baik dalam melestarikan seni musik tradisional Batak sebagai karya agung," kata Rapidin.
     Rapidin menilai, konser kolosal pemain seruling dan pertunjukan konser musik di atas kapal bersama guru musik, Martogi Sitohang harus didukung semua pihak dalam upaya pengembangan pariwisata daerah.
     "Saya berkeinginan kegiatan seperti ini mendukung kepariwisataan. Ini komitmen kita, seni budaya harus dikembangkan, karena  kegiatan ini  bisa dijual," kata Rapidin.
     Kegiatan yang melibatkan 400 pelajar SLTP dan SLTA se Kabupaten Samosir diharapkan menjadi ruang untuk  membangun karakter generasi muda.
     "Membangun karakter itu yang pertama, percuma pariwisata maju, namun perilakunya kurang mendukung," kata Rapidin.
     Maestro seruling Batak, Martogi Sitohang mengatakan, para pelajar akan dilatih selama tiga hari sehingga bisa menggunakan seruling.
     "Utamanya mendidik siswa dan siswi agar tidak tergilas dengan era modernisasi," kata Martogi.
     Dia menegaskan, kegiatan itu bukan membebani pemerintah daerah, tetapi bertujuan memperkenalkan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata.
     Ketua Panitia World Music Toba Caldera Festival 2016, Ramlan Silalahi mengatakan, Martogi sebelum naik ke panggung memainkan serulingnya dari atas kapal dan disambut 400 siswa siswi yang telah dilatih berseruling.
     Ramlan mengataka, kegiatan sebagai bentuk kepedulian terhadap seni dan  alat musik tradisional Batak.
     "Seruling karya agung terindah dan harapan kedepan menjadi even tahunan, ajang promosi daerah bersama visi, misi Bupati dan wakil bupati Samosir," kata Ramlan.
     Pagelaran itu juga disaksikan Kapolres Samosir, AKBP Donald P Simanjuntak, Kadis Parsenibud, Ombang Siboro, Kabag Humas, Lemen Manurung, Kabag Umum, Rudi SP Siahaan dan para orang tua pelajar.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016