Medan, 21/8 (Antara) - PT Pelabuhan Indonesia 1 menyelenggarakan lomba menggambar dan mewarnai bersama ratusan pelajar Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak di Terminal Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan, Minggu.


"Kegiatan tersebut mengambil tema `Pelabuhanku Kebanggaanku` dan diadakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-71," kata Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami di Medan, Minggu.


Selain itu, menurut dia, kegiatan itu sebagai salah satu bentuk kepedulian Pelindo 1 dalam dunia pendidikan anak-anak, khususnya dalam memberikan edukasi sejak dini tentang kemaritiman, transportasi laut, dan kepelabuhanan.


Sebelum lomba menggambar dan mewarnai dimulai, anak-anak terlebih dulu diajak untuk berkunjung ke Belawan International Container Terminal (BICT) untuk melihat langsung aktivitas bongkar muat di pelabuhan, sehingga memperoleh gambaran dan pengetahuan tentang dunia pelabuhan.


"Pengenalan transportasi laut sangat penting agar anak-anak tidak hanya mengetahui transportasi yang ada di darat saja, sehingga wawasan dan pengetahuan anak-anak menjadi lebih luas, dan mengerti bagaimana peran pelabuhan, khususnya pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo 1," ujar Fiona.


Ia mengatakan, kegiatan lomba menggambar dan mewarnai itu juga dapat memberikan inspirasi kepada anak-anak untuk terus berimajinasi dan mengembangkan kreativitasnya.


Kegiatan itu secara keseluruhan merupakan rangkaian program Pelindo 1 yang konsen kepada komunitas. "Kami melakukan berbagai program edukasi untuk anak anak dan akan rutin dilakukan, sesuai dengan tema yang kami angkat yaitu `Pelindo 1, Sahabat Anak`," ucapnya.


Fiona menjelaskan, tidak hanya kegiatan dengan anak-anak saja, Pelindo 1 juga konsen kepada komunitas lain seperti generasi muda dengan program "Goes To Campus" dengan mendatangi kampus-kampus untuk berbagi ilmu tentang kepelabuhan dan maritim kepada mahasiswa 


Kegiatan anak-anak menggambar antara lain ilustrasi tentang Pelabuhan Belawan, kapal, nelayan yang sedang menjala, dan ilustrasi-ilustrasi lainnya yang menggambarkan imajinasi anak-anak tentang dunia pelabuhan.


Dalam lomba yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, anak-anak tampak antusias menuangkan imajinasinya di atas kertas karton yang telah disiapkan.


Kegiatan lomba menggambar dan mewarnai itu diikuti kurang lebih 200 orang anak-anak di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK) yang berada di wilayah Belawan sekitarnya.


"Para pemenang dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori lomba menggambar untuk tingkat SD dan kategori lomba mewarnai untuk TK, setiap pemenang memperoleh hadiah berupa trophy, bingkisan dan dana pembinaan," katanya.  

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016