Paranginan, 19/8 (Antara) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengungkapkan, kawasan panatapan Danau Toba Sipinsur, Kabupaten Humbanghasundutan sangat cocok untuk dijadikan obyek wisata baru, yakni, Taman Bunga Nusantara.

“Kalau dilihat dari bentang alamnya, sangat cocok dijadikan taman bunga nusantara. Daerah ini bisa dikonsentrasikan untuk itu. Kami akan usulkan
ke Bapak Presiden,” ungkap Siti Nurbaya ditengah agenda penanaman pohon di kawasan obyek wisata Sipinsur, Kecamatan Paranginan, Humbahas, Jumat.

Menurut dia, kawasan panatapan Danau Toba Sipinsur, Humbahas yang memiliki kondisi alam yang masih hijau dan alami menjadi modal obyek wisata baru, yakni, taman bunga nusantara.

“Saya bersyukur hadir di tempat ini. Di Sipinsur ini, kami menemukan ‘Surga’,” ujarnya.

Ditengah agenda, Menteri LHK yang didampingi Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengharapkan kegiatan tersebut dapat menjaga dimensi lingkungan kawasan Danau Toba.

“Saya hari ini ke Desa Sipinsur Humbahas bersama Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, ini dalam rangkaian kami mendapat tugas dari bapak Presiden untuk mempelajari konsep realistik mengenai hutan untuk rakyat,” sebut Siti.

Secara simbolis, Siti Nurbaya dan Teten Masduki mendapatkan bibit tanaman yang langsung ditanam dilokasi obyek wisata panatapan danau toba Sipinsur Humbahas.

“Bapak Presiden Joko Widodo selalu meminta kami agar menjadikan hutan untuk kesejahteraan rakyat, untuk lapangan kerja, dan juga pertumbuhan perekonomian rakyat,” terangnya.

Menteri LHK, dalam kesempatan itu juga berjanji akan terus membantu dan menyelesaikan kendala terutama masalah lingkungan danau toba agar berkembang.

“Semua pihak harus turut menjaga lingkungan Danau Toba ini. Selamatkan lingkungan, pohon, air dan alam danau toba ini untuk kehidupan kesejahteran masyarakat,” tegasnya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Fai


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016