Batubara, 11/8 (Antarasumut) - Gubernur Sumatera Utara Ir H Tengku Erry Nuradi secara resmi membuka Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Provinsi Sumatera Utara, yang digelar di Desa Pulau Sejuk, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Kamis (11/8).

Ir Tengku Erry mengatakan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) bertujuan untuk meningkatkan kekompakkan dan kesolidan antara sesama petani-nelayan  Sumatera Utara.

Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan pembangunan bidang pertanian-perikanan dan kehutanan, serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dibidang teknologi untuk menghadapi  Pekan Nasional  yang akan diselenggarkan di Banda Acah mendatang.

“Kalau diperkenankan, Sumatera Utara bersedia menjadi tuan rumah KTNA berikutnya, untuk itu kita meminta dukungan kepada Ketua KTNA Nasional serta pihak terkait untuk dapat menjadikan Sumatera Utara sebagai tuan rumah KTNA mendatang,” ucapnya.

Di tahun 2016 ini merupakan tahun ke 2 kita melaksanakan program swasembada pangan terutama padi, jagung dan kedelai  yang telah dicanangkan Pemerintah untuk waktu  3 tahun mulai tahun 2015 sampai 2017.

Berbagai langkah dan upaya telah dilaksanakan baik Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota mulai dari perbaikan jaringan irigasi, pemberian bantuan bibit dan pupuk maupun penguatan pendampingan dan pengawalan oleh penyuluh bersama unsur TNI, Babinsa serta  Mahasiswa berbagai Perguruan Tinggi.

"Dalam pelaksanaan telah terjadi sinergi dan koordinasi yang harmonis dari seluruh instansi terkait, untuk itu sinergi dan koordinasi yang harmonis yang telah dibangun agar dapat dijaga dan ditumbuh kembangkan untuk mensukseskan program yang telah dicanangkan Pemerintah," katanya.

Pewarta: Guntur

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016