Medan, 8/8 (Antara) - Sebanyak 58 Pramuka Penggalang Kota Medan yang berasal dari 21 Kwartir Ranting di kota itu dikirim mengikuti Jambore Nasional X tahun 2016 di Cibubur, Jakarta.


Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Medan HM Husni di Medan, Senin, mengatakan, rombongan yang dikirim untuk mengikuti Jambore Nasional X tahun 2016 di Cibubur berjumlah 58 orang.


Perinciannya, pramuka penggalang yang terdiri 16 orang putera dan 16 orang puteri usia 11 sampai 15 tahun berasal dari utusan 21 Kwartir Ranting (Kwaran) yang ada di Kota Medan.


Pramuka penggalang itu didampingi 13 orang pimpinan kontingen, termasuk di dalamnya dokter, perawat serta petugas stan (pameran), kemudian ditambah empat orang pendamping, serta sembilan orang pimpinan kwarcab.


"Jadi total jumlah kontingen yang kita berangkatkan sebanyak 58 orang," katanya.


Ia mengatakan, pelepasan kontingen telah dilakukan Sabtu (6/8) di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota Medan oleh Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.


Selanjutnya, pada Senin seluruh peserta yang akan mengikuti Jambore Nasional itu dikarantina di Belawan, dan selanjutnya Selasa (9/8) kontingen akan bertolak menuju Jakarta menggunakan kapal laut.


Sebelumnya Wali Kota Medan Dzulmi Eldin selaku Ketua Majelis Pembina Pramuka Kota Medan mengatakan, pihaknya ingin kontingen Medan dapat meraih prestasi di Jambore Nasional X di Cibubur.


Namun Eldin menekankan prestasi tertinggi bukanlah hanya menjadi juara, tetapi sekembalinya dari jambore nanti, para Pramuka yang mengikuti kegiatan itu mampu mengembangkan gugus depannya masing-masing agar memliki kualitas terbaik.


"Untuk itu saya minta kepada adik-adik pramuka yang mengikuti jambore nasional tahun ini agar terus menjaga kesehatan. Selain itu perhatikan stamina dan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh supaya dapat mengikuti kegiatan Jamnas itu sampai selesai," katanya.  

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016