Samosir, 12/7 (Antarasumut) - Kepolisian Resor (Polres) Samosir menggelar operasi bibir sumbing dan langit-langit secara gratis dalam rangka HUT Ke 70 Bhayangkara, Selasa.

Wakapolres Samosir, Komisaris Polisi Hamdan mengatakan, kegiatan itu merupakan kegiatan bhakti sosial bekerja sama dengan PMI, Bank Sumut, Radio Samosir Green, Sun Life Financial.

Tenaga medis yang menangani operasi,  dr Horas Rajagukguk SpB sudah berpengalaman dan telah melakukan operasi bibir sumbing dan langit-langit lebih dari 1.000 orang.

"Kami berharap operasi berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Hamdan.

Pemerintah Kabupaten Samosir mendukung sepenuhnya operasi bibir sumbing dan langit-langit gratis yang dilakukan di RSUD Hadrianus Sinaga.

Wakil Bupati, Juang Sinaga, pemkab menyediakan fasilitas ruang operasi, pendataan peserta dan cek darah serta perawat yang akan mendampingi selama proses operasi.

Ketua PMI Samosir, itu juga menyambut baik kegiatan  dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpatisipasi.

Juang mengajak agar masyarakat Samosir tetap memelihara kebersamaan, kedamaian, dengan demikian akan semakin banyak orang yang pintar untuk berpatisipasi dan berbuat di Samosir.

Horas Rajagukguk mengatakan, jika operasi dilakukan diluar bhakti sosial akan menelan biaya yang cukup besar, kira-kira Rp 30 juta.

Namun dia mengakui, operasi yang akan dilakukannya semuanya gratis, hal ini merupakan bhakti sosial yang harus dilaksanakan dengan tulus.

Semua operasi akan ditangani dalam beberapa hari, sesuai dengan kelayakan pasien dan akan dikontrol sampai pasien aman dan bisa pulang.

Dari pengalamannya, operasi langit-langit merupakan hal yang paling sulit karena sering kali bocor akibat terkena air, jadi harus benar-benar dikontrol.

Tercatat sebanyak 17 orang pasien yang akan dioperasi, akan dilakukan secara bertahap dan semuanya harus ditangani.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016