Tebing Tinggi,2/8(antarasumut)- Komite sekolah itu harus sering-sering ketemu orang tua murid, dan tidak mengambil sebuah keputusan dari hasil pertemuan pengurus Komite saja, tetapi libatkan para orang tua murid secara transparan, keputusan apa yang akan di laksanakan.

Hal ini disampaikan Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan pada Rapat Koordinasi Komite Sekolah bersama Dewan Pendidikan se Kota Tebing Tinggi Selasa (2/8) di gedung Balai Kartini dengan menghadirkan pembicara Prof.Dr.Lahmudin Lubis M.Ed, dengan mengambil thema Peran Masyarakat Dalam Penguatan Pendidikan dan Moralitas Agama di sekolah.

Disampaikan Walikota, undang semua orang tua murid setiap kali Komite ingin mensosialisasikan kebijakan yang diambil, misalnya soal pengadaan seragam baju sekolah, tidak mesti atau wajib murid beli disekolah, kalau beli diluar lebih murah silahkan, jangan dilarang-larang.

Jangan ada sampai unsur pemaksaan, apalagi dengan ancaman terhadap anak muridnya, kini bukan lagi jamannya ancam-mengancam siswa, tidak semua orang tua murid berkemampuan sama.

Demikian juga masalah PKL yang selalu saya menerima pengaduan dari orang tua murid, karena biayanya mahal, terutama yang di SMK, jika biaya mahal PKL diluar daerah, cukup melakukannya di Tebing Tinggi saja, tidak perlu keluar daerah yang akan menjadi beban para orang tua, ujarnya.

Komite sekolah setiap kali mengambil kebijakan sebaiknya secara terintergral dengan orang tua murid dan sekolah, jangan berjalan sendiri-sendiri, hal ini akan mempengaruhi siswa dalam belajar disekolah maupun dirumah kepada orang tuanya.

Dikatakannya, kondisi saat ini hubungan antara orang tua dan anak, terjadi secamam distorsi, karena kurangnya komunikasi yang baik orang tua dan anak dengan berbagai alasan kesibukan bekerja.

Akhirnya anak mencari jalannya sendiri-sendiri apa keinginannya, dan banyak terpengaruh pelariannya ke narkoba dan ini memperihatinkan kita kondisi ini jangan lagi diperparah di sekolah ujarnya.

Pada kegiatan tersebut Prof..Dr.Lahmuddin Lubis M.Ed memberikan hadiah buku hasil karyanya kepada Walikota H.Umar Zunaidi Hasibuan.  

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016