Medan, 28/6 (Antara) - Calon mahasiswa Universitas Sumatera Utara yang diterima melalui Seleksi Mahasiswa Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2016 harus membawa surat keterangan tidak memakai narkoba yang dikeluarkan rumah sakit milik pemerintah saat mendaftar ulang.

"Calon mahasiswa yang sudah diterima itu harus melampirkan surat keterangan yang menyebutkan tidak pemakai dan ketergantungan narkoba," ujar Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Dr Runtung Sitepu di Medan, Selasa.

Surat tidak menggunakan narkoba tersebut, menurut dia, merupakan persyaratan untuk diterima kuliah di USU dan calon mahasiswa harus bersih dari pengaruh obat-obat berbahaya bagi kesehatan serta dilarang pemerintah.

"Kita tidak ingin calon mahasiswa USU pengguna narkoba dan hal ini juga memalukan dan merusak nama baik perguruang tinggi negeri (PTN) itu," ujarnya.

Ia menjelaskan, jika ada calon mahasiswa terbukti sebagai pemakai narkoba harus dicoret dan tidak diterima kuliah di USU.

Hal ini merupakan peraturan yang berlaku di USU dan harus tetap dipatuhi setiap mahasiswa yang menimba ilmu di PTN tersebut.

"Jangan ada mahasiswa USU yang narkoba, hal ini sangat berbahaya dan bisa saja akan mempengaruhi rekan lainnya," kata mantan Dekan Fakultas Hukum USU itu.

Runtung menambahkan, jika ada satu orang saja mahasiswa narkoba bisa berdampak luas nantinya kepada mahasiswa lainnya.

USU mengantisipasi hal-hal yang negatif seperti ini dan mahasiswa yang narkoba tidak akan kosentrasi dalam belajar di kampus.

"Kita tetap mendukung program pemerintah dalam memberantas narkoba.Dan kampus USU harus bersih dari pengaruh narkoba," katanya.

Sementara, Universitas Sumatera Utara menerima 2.866 mahasiswa baru dari jumlah 51.229 peserta ujian jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2016.

Dari jumlah 2.866 calon mahasiswa tersebut, terdiri dari Saintek (1.468 orang) dan Soshum (1.398 orang).

Pendaftaran ulang bagi calon mahasiswa yang lulus jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) itu dimulai sejak 11 hingga 21 Juli 2016.

Seluruh calon mahasiswa yang baru diterima melalui jalur SBMPTN, sebelum Pra Registrasi terlebih dahulu harus mengunduh Petunjuk Pandaftaran Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN 2016. 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016