Binjai, Sumut, 21/6 (Antara) - Pengerjaan pembangunan jalan tol yang menghubungkan Binjai-Medan hingga kini sedang dikerjakan namun belum bisa dijadikan jalur alternatif untuk mudik Lebaran 1437 Hijriyah.

"Jalan tol Binjai-Medan ini dipastikan belum bisa digunakan untuk jalur alternatif mudik Lebaran tahun ini," kata Manager Proyek Pembangunan Jalan Tol Hestu Budi di Binjai, Selasa.

Jalan tol yang digagas pemerintah Jokowi-JK itu hingga kini masih terus dikerjakan pembangunannya di lapangan.

Dari 17 km ruas jalan yang direncanakan, baru 6 km yang sudah selesai dibangun, sedangkan sisanya masih dalam proses pengerjaan.

Selain pembangunan ruas jalan di dalam pembangunan itu juga terdapat pengerjaan tiga unit jembatan di jalan tol dimaksud.

"Meski sebagaian ruas jalan sudah dikerjakan namun ada juga yang belum dikerjakan diakibatkan terkendala masalah pembebasan lahan," ujarnya.

Pihaknya mengharapkan proses pembangunan jalan tol yang baru mencapai 40 persen tersebut secara keseluruhan dapat diselesaikan menjelang akhir 2016.

Meski masih dalam pembangunan, namun ruas jalan yang telah selesai sepanjang 6 km itu kerap dilalui warga Binjai untuk menuju ke Medan.

Jalan tol Binjai-Medan itu dinilai sangat strategis untuk bisa mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di jalur Medan-Binjai menuju Aceh mau pun sebaliknya.  

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016