Medan, 18/6 (Antara) - Sebanyak dua belas Rektor Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) Negeri se-Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU dalam pengembangan sistem akademik, manajemen dan peningkatan kerja sama di Medan, Sabtu.

Penandatanganan MoU ini digelar dalam pertemuan Rektor dan Wakil Rektor Lembaga Perguruan Tinggi Negeri (LPTN) seluruh Indonesia.

Ketua Forum Rektor LPTK Negeri Se-Indonesia Prof Dr Djaali dalam sambutannya mengatakan pertemuan Rektor ini akan membicarakan isu-isu strategis bidang pendidikan secara nasional dan pengembangan sistem akademik, manajemen, serta kerja sama di LPTK Negeri.

Pada pertemuan ini, menurut dia, akan menghasilkan kesepakatan bersama dalam memajukan PTN masing-masing.

"Semoga kegiatan ini merupakan langkah maju untuk menyatukan berbagai hal dalam meningkatkan daya saing, prestasi dan sumbangsih untuk memajukan sistem pendidikan di Indonesia," kata Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu.


Sementara, Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Syawal Gultom dalam sambutannya sebagai tuan rumah mengatakan, selamat datang di Medan, dan semoga merasa nyaman, serta bahagia selama berada di daerah ini.

"Kita bersama berharap semoga pertemuan di Medan ini akan menghasilkan kesepakatan terbaik untuk pengembangan dan peningkatan sistem akademik, manajemen dan kerja sama di LPTK Negeri yang diamanahkan oleh civitas." ujar Syawal.

Pertemuan rutin setiap satu tahun ini digelar secara bergantian di masing-masing daerah Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (LPTK) berada. Bahkan, pada tahun 2016 ini Universitas Negeri Medan (Unimed) sebagai tuan rumah dalam memfasilitasi pertemuan yang sangat penting ini.

Setiap pertemuan tahunan pasti ada isu-isu strategis bidang pendidikan di negeri ini yang harus dimusyawarahkan hingga memberikan solusi terbaik untuk pemerintah.

Kedua belas Rektor LPTK Negeri se-Indonesia yang melakukan penandatanganan MoU tersebut, yakni UNIMED Medan, UNJ Jakarta, UNY Yogyakarta, UNNES Semarang, UNESA Surabaya, UNG Gorontalo, UM Malang, UNM Makassar, UPI Bandung, UNDIKSHA Bali, UNP Padang dan UNIMA Manado.  

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016