Pandan, 24/5 (Antarasumut)- Keindahan alam Kabupaten Tapanuli Tengah sungguh luar biasa. Tidak salah kalau daerah ini dijuluki ‘Negeri Wisata Sejuta Pesona’. 

Hampir disetiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki potensi wisata yang cukup indah. Hanya saja dibutuhkan sentuhan pembangunan yang serius dari pemerintah pusat provinsi dan juga daerah.

Dari sekian banyak keindahan alam Tapteng, salah satunya adalah Pulau Putri yang berada ditengah pulau yang jarak tempuhnya sekitar 2 jam dari Pantai Pandan menggunakan speed boad.

Suasana damai sangat terasa di Pulau ini, ditambah tiupan angin menyenyukkan hati siapa saja yang datang berkunjung ke sana. Hal itulah yang membuat Bupati Batubara, H. OK Arya Zulkarnain menjadi pengunjung setia Pulau ini.

Belum lama ini orang nomor satu di Kabupaten Batubara itu membawa rombongan SKPD nya untuk sekedar berlibur melepaskan kepenatan tugas dan pekerjaan. Tidak ketinggalan rombongan inipun membawa Jet Sky masing-masing untuk menjelajahi laut Tapanuli Tengah.

“Luar biasa keindahan Pulau Putri ini,”kata OK waktu itu.
Selain Bupati Batubara, sejumlah wisatawan juga menginjakkan kaki ke Pulau Putri. Hanya saja mereka tidak bisa berlama-lama di tempat itu, karena fasilitas penginapan dan kondisi hotelnya yang tidak bagus lagi. Berbeda dengan puluhan tahun silam, dimana fasilitas hotel dan sarana transportasi masih lengkap disaat kejayaan Adelin Lis selaku pemililk pulau. 

Walaupun fasilitas hotel dan transportasi tidak selengkap dulu, tidak menyurutkan semangat wisatawan untuk datang berkunjung ke sana. Hanya saja dibutuhkan biaya yang lebih besar, karena harus sewa speed boad dan fasilitas lainnya.

Demikian juga kalau Pemkab Tapteng mengadakan acara, harus mempersiapkan perlengkapan untuk menyambut para tamu mereka. Dan pada masa Bonaran Situemang sebagai Bupati Tapteng, sudah direncanakan untuk menjalin kerjasama dengan pemilik pulau yakni keluraga Adelin Lis. Namun sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya.

Terlepas dari kelengkapan fasilitas tersebut, keindahan Pulau Putri sangat mempesona dan memiliki legenda yang sampai saat ini masih dipercayai masyarakat sekitar.

Nama Pulau Putri diambil dari nama seorang wanita bernama Putri Runduk. Konon ceritanya ia melarikan diri dari Barus karena dikerjar-kejar para raja yang ingin mempersunting dirinya karena kecantikannya. Namun sang Putri Runduk tidak tertarik dengan para raja-raja itu, sehingga ia pergi ke Pulau Putri dan tinggal disana.

Dan kalau ingin lebih tahu bagaimana legenda Pulau Putri dan keindahan alamnya, tidak salah anda bisa berkunjung ke Pulau Putri untuk menyenangkan diri. 

Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016