Padangsidimpuan 27/4 (Antarasumut)- Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Padangsidimpuan  melatih 72 orang angkatan kerja untuk tahun anggaran 2016, menurun dari tahun sebelumnya yang berjumlah 240 orang.

Seperti yang dijelaskan Kepala Dinsosnaker kota Padangsidimpuan Nelfizar Nasution melalui Kepala Bidang Pelatihan Subur, tahun 2015 lalu pihaknya melatih sebanyak 240 orang angkatan kerja, sedangkan untuk tahun ini saja kita hanya memiliki 6 paket pelatihan dengan kuota 12 orang setiap paketnya. Artinya pelatihan keterampilan tahun 2016 ini hanya tersedia untuk 72 orang.

Itu terjadi ucapnya karena anggaran biaya untuk pelatihan yang disediakan pemerintah kota lewat APBD cukup minim.

Padahal kata dia dengan lulus kursus pelaithan seseorang sudah memiliki bekal keterampilan untuk bekerja atau menciptakan sendiri lapangan kerja baginya.

"Apa daya kita, setiap tahun berteriak di DPRD supaya angaran pelatihan bagi angkatan kerja ditingkatkan, namun tidak ada peningkatan. kita pasrah menerima apa adanya, ucapnya.

Diakuinya selama ini pihaknya selalu kewalahan menerima antusiasme angkatan kerja untuk dilatih di work shop milik Dinsosnakersos, soalnya kata dia kuota pelatihan keterampilan yang dimiliki pihaknya terbatas kepada paling banyak 300 orang setiap tahun

Pewarta: Khairul Arief

Editor : khairularief


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016