Jakarta, 27/4 (Antara) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan sekitar 300 Kelompok Usaha Bersama (Kube) akan didorong menjadi koperasi pada 2016.

         "Kube yang telah maju, mapan, serta memenuhui persyaratan didorong menjadi lembaga koperasi dan akan dibina oleh Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM)," kata Mensos di Jakarta, Rabu.

         Hal itu disampaikan usai menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Tasyakuran Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) di Gedung Smesco.

         Dia menjelaskan, saat Kube menjadi koperasi bisa lebih terintegrasi terkait pemasaran, keterampilan, serta manajemen. Sehingga, segala produktifitas lebih terukur dan bisa dipastikan jaringan lebih luas untuk pemasaran produk.

         Kube merupakan sinergi bagi Keluarga Sangat Miskin (KSM) yang ditingkatkan pemberdayaan melalui bantuan permodalan untuk membuka usaha.

         "Ke-300 Kube sukses tersebut, akan diinstitusionalisasikan agar ada peningkatan jaringan, penguatan permodalan dan manajemen, sehingga tidak lagi di bawah Kemensos melainkan KUKM," katanya.

          Sekretaris Jenderal Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram mengatakan, Kube yang meningkat menjadi koperasi akan mendapatkan izin secara gratis.

         Kube merupakan program Kementerian Sosial untuk kelompok yang akan mengembangkan usahanya. Kelompok tersebut terdiri dari keluarga sangat miskin yang terdiri dari 10 orang dengan bantuan Rp20 juta

Pewarta: Desi Purnamawati

Editor : Fai


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016