Batubara, 7/4 (Antarasumut) – Masuknya berbagai produk luar negeri dalam era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) saat ini menjadi perhatian serius MUI Batubara. 

Mereka mengingatkan, kusus produk makanan, minuman dan obat dari luar tetap harus berlabel halal.

“MUI Batubara berharap pemerintah harus membentuk tim pengawasan produk luar itu. Perlu diberi label halal agar umat Muslim lebih terbantu dalam membeli produk. Kepada umat juga kami berharap lebih teliti,” ujar  Ketua MUI Batubara Ghazali Yusuf, Selasa (5/4).

Salah satu jenis produk yang kerap diragukan, kata dia, daging impor. Pemerintah harus bisa memberi jaminan asal daging dan proses pemotongan sesuai aturan dalam Islam atau tidak. Kepada umat, jika tidak ada penjelasan itu dan ragu, lebih baik tidak usah dibeli.

“Jika produk itu dalam kemasan, tolong diterjemahkan dalam bahasa Indonesia agar umat Muslim mengetahui komposisi dari produk itu. Libatkan MUI dalam pengawasan itu, agar pemerintah tidak ragu dalam memberi jaminan kepada rakyatnya sebagai konsumen,” ujar Ghazali.

Ketua MUI Batubara berharap, dalam era MEA tidak harus terfokus memikirkan kesiapan secara ekonomi. Ada beberapa faktor di luar ekonomi itu yang tidak boleh terlupakan, seperti perlindungan secara kesehatan maupun spiritual masyarakat Indonesia.

Pewarta: Dedy S

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016