Sidikalang,14/3 (Antarasumut) - Bupati Dairi Johmnny Sihotang meresmikan Gedung Nasional Djauli Manik menjadi pusat ekonomi kreatif, seni dan kebudayaan Pakpak serta bangunan foodcourt.

Johnny Sitohang mengatakan, Dairi memiliki banyak potensi yang sangat menjanjikan, mulai dari sumber daya manusia dan sumber daya alamnya. 

Sehingga dengan potensi itulah gedung nasional itu dijadikan lokasi pengembangan ekonomi kreatif, seni dan budaya, sekaligus menjadi pusat jajanan dan tempat bersantai. 

"Hasil bumi dari Dairi, selama ini daerah lain yang menikmati dengan mengolah berbagai jenis makanan dan olahan yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Padahal sumber bahan bakunya dari Dairi," katanya.

Untuk itulah pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk melakukan inovasiinovasi baru untuk menjadikan bahan dasar manjadi bahan baku supaya memiliki nilai ekonomis yang tinggi. 

Bupati Dairi menginstruksikan kepada Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Dairi supaya melakukan pembangunan fasilitas lain, misal lampu hias. 

Bupati juga meminta kepada Kepala Bank Sumut Cabang Sidikalang, untuk tahun 2016 mempercepat pencairan guna pembangunan kereta api mainan anak-anak, sehingga bisa dilakukan pembangunan museum Budaya Pakpak di tempat itu. 


Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016