Sidikalang, 7/3 (Antarasumut) - Bupati Dairi, Johnny Sitohang, mengatakan pihaknya telah memaparkan potensi yang dimiliki darah itu misalnya, potensi pariwisata seperti Pantai Silalahi, Taman Wisata Iman (TWI) serta Danau Sicike-cike kepada presiden.

Ia mengharapkan jalan menuju tiga lokasi dimaksud bisa terkoneksi, seperti jalan lingkar luar Danau Toba saat ini ditangani jalan nasional dan jalan Provinsi seperti Sidikalang-Medan, Sidikalang-Samosir-Humbang Hasundutan (Humbahas) serta Sidikalang-Kutacane, Aceh Tenggara (NAD) akan segera dibangun.

Sementara jalan lingkar dalam Danau Toba yakni Silalahi-Paropo, Kabupaten Dairi menghubungkan Sikodon-kodon-Tongging, Tanah Karo juga akan segera dibangun. 

Presiden sudah perintahkan Menteri PU PERA, Bulan April pembangunan jalan dan Banbara Silangit, Siborong-Borong Tapanuli Utara (Taput) sudah bisa dimulai.

Dalam pertemuan itu, kata Johnny, Presiden mengiginkan pekerjaan sudah bisa dilaksanakan mulai bulan April mendatang sehingga program pemerintah menjadikan kawasan Danau Toba sebagai tujuan wisata dunia bisa tercapai.

Jokowi menegaskan, pembentukan Badan Otorita Danau Toba segera terlaksana, dengan demikian pembenahan segera berjalan. 
Sedangkan pengelolaan kawasan Danau Toba akan diambil alih oleh badan otorita dan merekalah eksekutor. Bupati berwenang memberikan masukan atau saran.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016