Medan, 16/3 (Antara) - Pemerintah Kota Medan akan terus meningkatkan perawatan dan pemeliharaaan terhadap berbagai infrastruktur yang ada, baik sarana jalan, jembatan, drainase, perhubungan, pemukiman, mau pun lainnya.


"Itu sesuai dengan yang telah kita canangkan yakni prioritas pembangunan kota tahun 2017 adalah melakukan program rehabilitasi dan pemantapan," kata Wali Kota Medan Dzulmi Eldin saat membuka Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Medan tahun 2017, Rabu.


Ia mengatakan, Kota Medan sebenarnya sudah memiliki ketersediaan infrastruktur yang memadai, namun pemanfaatannya masih harus ditingkatkan, guna mendukung kegiatan sosial ekonomi masyarakat.


Di samping itu, guna terus menimbulkan konektivitas antarkawasan secara lokal dan regional, Pemkot Medan akan terus memantapkan ketersediaan infrastruktur yang diperlukan dalam rangka meningkatkan daya saing kota, seiring pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang semakin luas pada tahun 2017.


Atas dasar itulah, kata dia, pihaknya terus mendukung sepenuhnya pemantapan berbagai pembangunan infrastruktur perkotaan yang semakin terpadu oleh pemerintah pusat.


Seperti pembangunan jalan tol, fly over, under-pass, jalan layang kereta api, termasuk rencana pemerintah mengembangkan monorail, sebagai moda transportasi massal dan modern pada masa mendatang.


Sementara menyikapi masih banyaknya keluhan masyarakat terkait kualitas pelayanan publik seperti administrasi kependudukan, kesehatan, perizinan mau pun yang lainnya, akan menjadi "pekerjaan rumah" untuk diperbaiki agar menjadi lebih baik lagi ke depannya.


Pihaknya saat ini sedang merancang pedelegasian tugas pelayanan administrasi kependudukan dari tingkat kota ke kecamatan, sehingga pelayanan umum tersebut dapat lebih dekat dengan masyarakat, lebih tepat waktu, sekaligus menyederhanakan mata rantai birokrasi pelayanan.


"Kita juga terus memperbaiki dan mengevaluasi standar operasi pelayanan agar masyarakat mendapatkan kualitas pelayanan yang semakin baik dengan sistem pelayanan prima," katanya. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016