Medan, 2/3 (Antarasumut) - Sebanyak sembilan orang mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (Unimed) mengunjungi Kantor KPU Sumut Jl. Perintis Kemerdekaan No. 35 Medan, Senin (29/02) kemarin. 

Menurut Ketua Kelompok, Asril Robby, kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peranan KPU Sumut dalam mengatasi Golongan Putih (Golput) di antara Pemilih Pemula.

Yulhasni, Anggota KPU Sumut yang menyambut kunjungan ini mengatakan KPU tentunya sudah melakukan banyak program, terutama mengatasi Golput di kalangan Pemilih Pemula. 

Salah satu program tersebut adalah mengembangkan Relawan Demokrasi yang berfungsi untuk membatu mensosialisasikan Pemilu kepada masyarakat.

Selain itu, KPU juga menyiasati perkembangan zaman dengan menggunakan teknologi, di antaranya penggunaan Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). 

Sidalih ini berfungsi agar masyarakat bisa mengetahui di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mana ia bisa menggunakan hak pilihnya lewat internet. Pun juga, KPU rutin melakukan sosialisasi melalui situs resminya. 

“Semua media kita gunakan.”, ujarnya.

Rencananya, KPU Sumut juga akan melaksanakan Program Rumah Pemilu. Rumah Pemilu ini adalah sosialisasi yang ditujukan pada anak-anak jauh sebelum Pemilu untuk meningkatkan kesadaran mereka terhadap pentingnya pesta demokrasi.

Yulhasni menambahkan, kerja sama antara semua elemen negara dan masyarakat terkait diperlukan untuk meminimalisir Golput terutama di kalangan Pemilih Pemuda. 

“Terutama Mahasiswa agar mulai membangun kesadaran diri dengan berpartisipasi di lingkungan Universitas, seperti Pemilihan Ketua Himpunan dan lain-lain.” tandasnya. 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016