Tapanuli Selatan 10/2 (Antarasumut)- Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) sebagian besar wilayah Kabupaten Tapsel memiliki potensi rawan bencana alam, seperti rawan longsor serta banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaks BPBD) Kabupaten Tapsel Ahmad Ibrahim Lubis belum lama ini telah menjelaskan, kepada masyarakat Tapsel agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap perubahan cuaca yang tak menentu saat ini.

Ia juga menambahkan kepada masyarakat juga haru berhati-hati juga agar secepat mungkin mempelajari kondisi wilayah yang sering terkena rawan longsor.

Kemudian menurutnya, kondisi cuaca seperti hujan disertai angin kencang di beberapa wilayah sangat berpotensi menimbulkan bencana, terutama banjir, longsor dan lainnya.

“Cuaca saat ini sangat tak bersahabat, hujan deras dan angin kencang. Sangat berpotensi menimbulkan bencana. Masyarakat harus lebih waspada agar dampak bencana dapat diminimalisasi,” ucapnya.

Untuk wilayah di Kabupaten Tapsel memang rawan angin kencang seperti Sipirok, Angkola Timur, Batangtoru dan beberapa wilayah lainnya, “Untuk itu warga harus mewaspadai kondisi ini,” sebutnya.

Sedangkan wilayah yang rawan banjir menurut Ibrahim, ada di Kecamatan Angkola Sangkunur, Batang Angkola, Angkola Selatan, Muara Batangtoru, Batangtoru dan Tantom Angkola.

Sedangkan rawan longsor hampir seluruh wilayah 14 kecamatan memiliki potensi terjadinya bencana tanah longsor.

Kemudian ia berharap pada warga dan pemerintah kecamatan cepat memberikan informasi agar pihaknya dapat mengambil langkah penanganan secepatnya apa bila terjadi bencana baik longsor dan banjir.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : khairularief


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016