Medan, 4/2 (Antara) - Universitas Negeri Medan terpilih sebagai perguruan tinggi negeri terbaik ke-29 dari jumlah 3.320 perguruan tinggi negeri dan swasta yang ada di Indonesia.

"Keputusan Pemeringkatan Perguruan Tinggi itu tertuang dalam Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Nomor 492.a/M/Kp/VIII/2015 tentang Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia Tahun 2015," kata Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Syawal Gultom di Medan, Kamis.

Menurut dia, ada empat kriteria yang menjadi indikator dalam pemeringkatan tersebut yakni kualitas SDM, kualitas manajemen, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

"Dalam lampiran Surat Keputusan Menristekdikti itu, Unimed berada pada peringkat ke-29 dengan nilai skor total 2.353," ujar Syawal.

Ia menyebutkan, keberhasilan yang diperoleh Unimed itu tentunya sangat membanggakan seluruh civitas akademika perguruan tinggi negeri tersebut.

Sebab, belakangan ini cukup heboh pemberitaan di sejumlah media sosial, dan group-group komunitas alumni IKIP Medan/Unimed.


Selain itu, berbagai group mahasiswa Unimed dan media cetak di Sumatera Utara terkait pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia versi webometrik dan versi 4ICU.


"Tidak sedikit juga masyarakat yang mempertanyakan indikator pemeringkatan tersebut yang dikeluarkan versi keduanya," katanya.


Namun, kata Rektor, pemeringkatan perguruan tinggi yang dikeluarkan Kemenristekdikti dan indikatornya jelas untuk mengukur, serta menilai perguruan tinggi di Indonesia.


Informasi klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti itu sungguh sangat positif bagi Unimed untuk berbuat lebih baik lagi.


Pihaknya berharap semoga prestasi itu menjadi pendorong dan pengguat komitmen bagi pimpinan Unimed, serta seluruh civitas akademika untuk terus melakukan yang terbaik.


"Unimed akan melakukan berbagai upaya untuk menjadi perguruan tinggi terbaik secara nasional dan internasional. Semua civitas akademika Unimed tetap kerja keras, ikhlas, dan membangun kebersamaan dalam mewujudkan mimpi besar Unimed menjadi `world class university," kata Rektor. ***4***


(T.M034/C/I023/I023) 04-02-2016 22:33:44

Pewarta: Munawar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016