Medan, 27/1 (Antara) - Czech University of Life Sciences Prague, Republik Ceko menjalin kerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara dalam bidang sumber daya manusia untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di perguruan tinggi negeri itu.

"Ketertarikan Czech University terhadap Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU) karena potensi yang dimiliki mahasiswa yang dinilai cukup bagus," kata Wakil Dekan Fakultas Pertanian Czech University of Life Sciences Prague Bidang Internasional Prof Ing David Herak, PhD usai Seminar Nasional di Fakultas Pertanian USU di Medan, Rabu.

Czech University, menurut dia, tidak hanya melakukan kerja sama dengan Fakultas Pertanian USU, tetapi juga memberikan kesempatan menimba ilmu strata-2 (Master) dan Strata-3 (Doktor) di perguruan tinggi di luar negeri itu.

"Kami, sangat percaya kepada Fakultas Pertanian USU, dan alumninya juga ada lulusan doktor dari Czech University, ini merupakan kebanggaan serta prestasi yang luar biasa," ujar David didampingi Dosen Fakultas Pertanian USU Riswanti Sigalingging, PhD.

Iia menyebutkan, Fakultas Pertanian USU bukan hal baru bagi Czech University, tetapi merupakan salah satu perguruan tinggi dambaan yang dinilai tepat untuk melakukan kerja sama.

Selain itu, Fakultas Pertanian USU juga memiliki jurusan yakni Teknik Pertanian, Agro Eko Teknologi, Teknologi Hasil Pertanian, dan Sosial Ekonomi Pertanian yang dinilai sangat penting bagi Fakultas Pertanian Czech University dalam mengembangkan berbagai ilmu teknik pertanian.

"Seluruh ilmu pengetahuan mengenai pertanian itu, sangat lengkap dimiliki Fakultas Pertanian USU, inilah perlunya Czech University melakukan kerja sama," katanya.

David menambahkan, Menteri Lingkungan Hidup Republik Ceko juga pernah berkunjung ke USU sekitar dua tahun lalu yang membuktikan eratnya hubungan pemerintah Ceko dengan pemerintah Indonesia, termasuk USU.

Oleh karena itu, kerja sama Czech University dengan USU tetap dijalin dan bila perlu lebih ditingkatkan lagi.

"Kerja sama kedua universitas tersebut dilakukan untuk kemajuan pengelolaan perguruan tinggi, dan juga bidang pendidikan, penelitian ilmiah, serta kemajuan bagi negara," kata Prof Ing David Herak.

Dosen Fakultas Pertanian USU Riswanti Sigalingging mengatakan, mahasiswa yang diberikan kesempatan untuk belajar ke Czech University harus telah lulus Strata-1 (Sarjana), memiliki prestasi, dan nilai akademik cukup bagus.

"Mahasiswa yang akan belajar di Czech University itu mengambil gelar MSc (Tecnology And Environmental Enginering) dan gelar PhD (Engineerin Of Agricultural Technologikal System)," kata alumni Czech University itu. 

Pewarta: Munawar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016