Tebingtinggi, Sumut, 27/1 (Antara) - USAID Prioritas memperpanjang kemitraan dengan Pemkot Tebingtinggi demi peningkatan mutu pendidikan  melalui berbagai pelatihan  969 pendidik tingkat SD dan SMP sederajat.


Perpanjangan kemitraan itu ditandai dengan penandatanganan nota Kerangka Acuan Kerja Sama (KAK) antara Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan dengan Koordinator USAID Prioritas Sumatera Utara Agus Marwan di Balai Kota Tebingtinggi, Rabu.


Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan, program USAID Prioritas telah mampu mengubah proses pembelajaran, sehingga siswa lebih aktif, berani dan kreatif, tidak lagi "one way communication" seperti selama ini.


"Sistem pembelajarannya mengunakan teori-teori modern, sehingga kreativitas anak terus meningkat dan keilmuannya terus ikut berkembang," katanya.


Menurut dia, ilmu pengetahuan terus bergerak dan berkembang, dan guru sebagai ujung tombak pendidikan harus lebih mengetahui dan menguasai ilmu tersebut, diantaranya dengan terus senantiasa berlatih dan meningkatkan kapasitasnya agar siap menghadapi tantangan zaman.


"Tentunya satu diantaranya adalah dengan mengikuti pelatihan atau lokakarya yang diadakan untuk meningkatkan kualitas para guru," katanya.


Koordinator USAID Prioritas Sumatera Utara Agus Marwan mengatakan, pihaknya akan membantu Pemkot Tebingtinggi untuk mengimplementasikan Program Keprofesionalan Berkelanjutan (PKB) guna meningkatkan mutu guru.


"Program itu akan menyediakan informasi akurat tingkat kualitas guru dan kebutuhan pelatihan yang dibutuhkan guru, dan dengan program ini diharapkan setiap guru akan mendapatkan pelatihan satu kali setahun," ujarnya.


USAID Prioritas juga akan menghibahkan 60 ribu buku bacaan berjenjang untuk 80 SD sederajat di Tebingtinggi yang akan digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas awal.


"Semakin baik kemampuan membaca siswa, maka prestasi belajar siswa ikut meningkat. Semua mata pelajaran mengharuskan siswa mampu membaca dengan baik, karena itu kemampuan membaca sangat menentukan," katanya. ***4***





(T.KR-JRD/B/I023/I023) 27-01-2016 20:17:20

Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2016