Pantai Cermin,23/12 (Antarasumut) - Pj. Bupati Ir. H. Alwin menghadiri dan membuka secara resmi Musyawarah Daerah (MUSDA) ke-III Tahun 2015 Pemuda/Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang digelar pada Rabu (23/12) bertempat di Aula Orchid Theme Park Resort Pantai Cermin Kecamatan Pantai Cermin.

Dalam Musda ini, diagendakan memilih Kepengurusan KNPI Sergai untuk periode 2015-2018.

Mengawali sambutannya Pj. Bupati Sergai H. Alwin menyampaikan bahwa pelaksanaan musda dalam suatu organisasi adalah merupakan pesta demokrasinya organisasi.

Hal tersebut karena dalam musyawarah dihasilkan, disepakati dan ditetapkan keputusan ataupun kebijakan dalam organisasi secara bersama-sama dan demokratis, termasuk pemilihan kepengurusan dalam suatu organisasi.

Lebih lanjut H. Alwin mengatakan peranan kepemudaan khususnya KNPI dalam memperkuat empat konsensus dasar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI tidak dapat dipisahkan, seiring dengan semakin kuatnya tantangan yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa kita.

Untuk itu diharapkan kepada semua pihak khususnya pemuda agar tetap membantu menjaga kekondusifan Kamtibmas dan mempererat persatuan dan kesatuan agar tidak mudah dipecah belah.

Selain itu, Pj. Bupati Sergai juga berharap para pemuda bisa menjawab tantangan zaman dengan menjadi pemuda yang kompetitif dengan melihat setiap tantangan menjadi peluang untuk bisa ikut berkompetisi, apalagi per-Januari 2016 Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) masuk ke Indonesia.

"Artinya para pemuda Sergai tidak hanya bersaing dengan daerah lain di Indonesia tapi juga harus bersaing dengan negara lain," terangnya.

Mengakhiri sambutannya Pj Bupati Ir. H. Alwin, M.Si  mengharapkan pelaksanaan Musda ke-III KNPI ini dapat mengakomodir setiap pemikiran, usulan dan saran bahkan kritikan dari setiap unsur KNPI Sergai, agar organisasi ini dapat semakin dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.

Siapapun nantinya yang terpilih, Pj. Bupati berharap mampu mempersatukan OKP di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini serta dapat menjalin kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah dalam mensukseskan program-program pembangunan kepemudaan.

"Saya ucapkan selamat menjalankan Musda, semoga berjalan sukses dan dapat memilih ketua yang terbaik nantinya,” pungkas Pj Bupati Alwin.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Musda ke-III KNPI Sergai Tahun 2015 Yuzli Fajar dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang dihadiri para pimpinan dan perwakilan Organisasi-organiasi Kepemudaan (OKP) di Kabupaten Sergai untuk memberikan hak pilihnya dalam Musda ini.

"Kita berharap Musda kali ini berjalan sukses,” terang Yuzli Fajar.

Sementara Ketua DPD KNPI Propinsi Sumatera Utara Sugiat Santoso, SE, MSP menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pj Bupati serta Kapolres Sergai atas bantuan dan dukungan yang diberikan hingga terlaksananya acara ini.

Sugiat Santoso mengatakan bahwa hari ini adalah catatan sejarah bagi pemuda Sergai dengan terselenggaranya Musda yang sempat 3 (tiga) tahun terkendala pelaksanaannya.

Nantinya kegiatan ini dapat dijadikan pilot project musyawarah terbaik karena telah begitu lama tidak memiliki kepengurusan, dan dengan mengesampingkan rasa ego dari masing-masing pimpinan OKP untuk menjadikan ajang Musda ini sebagai ajang silaturahmi dan wadah persatuan para pemuda, maka terlaksana dengan sangat baik dan sukses.

“Semoga terpilih pemimpin terbaik yang dapat merebut hati para pemuda, dapat mempersatukan para pemuda serta lebih mengembangkan sayap-sayap organisasi KNPI di wilayah Kabupaten Sergai ini, tegas Sugiat.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015