Aekkanopan, 11/11 (Antarasumut) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengimbau Kabupaten/Kota di Sumut untuk menerapkan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten).

Program tersebut diharapkan akan memudahkan masyarakat dalam proses pengurusan berbagai perizinan.

Imbauan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi saat meresmikan kantor baru Bupati Labuhanbatu Utara (Labura), Aek Kanopan, Kecamatan Kualuh Hulu, Rabu (11/11/2015).

Dalam kesempatan itu, Erry mengatakan, Program Paten dapat mendorong pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai pilar penopang perekonomian daerah.

"Jika selama ini pengurusan ijin harus ke Ibukota Kabupaten, untuk kedepan sudah dapat dilakukan di Kecamatan saja. Mudahnya proses dalam pengurusan perizinan ini akan membantu pelaku usaha. Ini usaha akan mempermudah UMKM dalam mendapatkan pinjaman kredit dari dunia perbankan,” sebut Erry.

Dalam kesempatan yang sama, Erry juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Labura untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada yang akan berlangsung serentak di 23 Kabupaten/Kota di Sumut pada 9 Desember 2015 mendatang.

"Labura salah satu dari 23 Kabupaten dan Kota di Sumut yang akan melaksanakan pesta demokrasi pada 9 Desember nanti. Untuk itu, mari kita jaga kondusifitas keamanan di Labura agar pekaksanaan Pilkada berlangsung aman dan lancar,” ajak Erry.

Perbedaan pandangan politik di bumi Bersimpul Kuat Berbuat Elok merupakan hal yang biasa. Itu bagian dari demokrasi.

"Pilihan boleh berbeda tapi utamakan kedamaian dan kesejukan di Labura. Jangan perbedaan membelah keluarga dan silaturahmi yang telah terwujud dengan baik. Mudah-mudahan Labura menjadi contoh sebagai penyelenggara Pilkada yang damai dan terbaik di Sumut,” pesan Erry.

Erry juga mengapresiasi pesatnya kemajuan pembangunan di Labura. Hal itu terlihat infrastruktur jalan, jembatan, sektor pelayanan dan telah berdirinya kantor baru bupati Labura sebagai pusat pemerintahan. Perkembangan Labura tentu tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama yang baik dari semua elemen, termasuk legislatif, tokoh ulama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Labura.

"Kita apresiasikan dalam lima tahun kepemimpinan Bupati Labura yang bersinergitas baik dengan legislatif dapat meningkatkan APBD hampir mencapai 1 triliun rupiah. Kita berharap dengan Kantor Bupati Labura yang baru ini dapat mendorong pelayanan publik yang lebih baik lagi kepada masyarakat,"katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015