Kotapinang, 27/11 (Antarasumut) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi mengajak seluruh Kabupaten/Kota di Sumut untuk peduli akan kebutuhan perumahan, terutama bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di daerah masing-masing.

Kebutuhan rumah (papan) merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakay yang harus mendapatkan perhatian serius.

Ajakan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi saat menyerahkan kunci Rumah Layak Huni secara simbolik dalam program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang berlangsung di lapangan Kampung Parlabian Luar, Desa Parlabian, Kecamatan Mampung Raja, Labuhanbatu Selatan (Labusel), Jumat (27/11/2015).

Dalam kesempatan itu, Erry menegaskan, tidak hanya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemko) juga diimbau melakukan Program RTLH sesuai kemampuan daerah masing-masing.

"Masyarakat layak mendapatkan tempat tinggal yang bersih, segat dan nyaman. Dinas Tarukim masing-masing daerah boleh melakukan Program yang sama, walau itu dalam skala yang lebih kecil agar lebih banyal lagi masyarakat yang terbantu dan mendapatkan manfaat,” imbau Erry.

Erry menyatakan, Program RTLH adalah program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni menjadi Rumah Layak Huni, merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dengan Komando Daerah Militer (Kodam) I/BB di 6 Kabupaten yakni di Kabupaten Labusel, Padang Lawas Utara (Paluta), Padang Lawas (Palas), Tapanuli Utara (Taput), Humbang Hasunduta (Humbahas) dan Kanupaten Samosir.

"Program ini merupakan realisasi visi mini Gubernur Sumut yang pro rakyat dalam upaya meningkatkan kualitas standar hidup layak, kesetaraan dan keadilan serta mengurangi ketimpangan antar wilayah,” sebut Erry.

Erry menjelaskan, Program RTLH menyasar 8.500 unit rumah milik masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR) yang dilaksanakan secara bertahap sejak tahun 2012.

Di tahun 2015 ini, Pemprov Sumut melalui Dinas Tata Ruang Pemukiman (Tarukim) telah merehab sebanyak 1.000 unit rumah di 6 Kabupaten yakni di Kabupaten Labusel sebanyak 170 unit, Paluta 170 unit, Palas Selatan 160 unit, Taput 170 unit, Humbahas 170 unit dan Kabupaten Samosir sebanyak 160 unit rumah.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015