Medan, 2/12 (Antara) - Dosen muda Universitas Negeri Medan diharapkan secepatnya melanjutkan studi Strata-3 ke luar negeri untuk menambah ilmu pengetahuan yang lebih luas dan dapat diterapkan di perguruan tinggi negeri itu.

"Melanjutkan pendidikan ke luar negeri tersebut untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan berkualitas," kata Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Syawal Gultom pada pelatihan 45 dosen muda di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Rabu.

Pelatihan dosen muda tersebut, menurut dia, merupakan upaya untuk mempersiapkan dosen terbaik dan mampu memberikan sumbangsih untuk kemajuan Unimed kedepan.

"Berbagai materi telah kita rancang agar para dosen muda ini dapat berkarir dengan baik selama mengabdi di kampus hijau Unimed," ujar Syawal.

Ia menyebutkan, dosen muda Unimed selama pelatihan diberikan pemahaman dan skill agar sukses dalam berkarir, serta dapat mewujudkan harapan civitas akademika itu menjadi idaman masyarakat.


Dosen-dosen muda itu dilatih cara mengembangkan karir sampai pensiun, dan dituntut untuk aktif meneliti, baik dalam mengemas perkuliahan, serta mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat.


Selain itu, juga diberikan pemahaman tentang peran dan fungsi dosen di perguruan tinggi.


Rektor mengatakan, kegiatan pelatihan dosen muda itu telah dilaksanakan setiap tahunnya, dan hasil analisis memiliki dampak positif yang luar biasa terhadap kinerja selama mengabdikan dirinya di kampus.


Atas kemajuan tersebut, kegiatan itu akan terus diprogramkan untuk setiap tahunnya, dengan pola dan strategi yang berbeda.


"Kita berharap jika para dosen muda terus kita latih dan bekali dengan sesuatu yang baik, maka mudah-mudahan akan terus berdampak positif bagi kemajuan Unimed menjadi lebih maju dan berprestasi kedepannya," kata Syawal.


Ketua Pelaksana Pelatihan Syamsul Gultom mengatakan, kegiatan itu telah lama dirancang agar bisa berjalan dengan sukses, serta berdampak positif dalam melahirkan dosen muda yang terus mengembangkan karirnya dengan baik di Unimed.


"Kita berharap mereka ini nantinya setelah diberi latihan, akan lebih peduli dan siap menjadi dosen yang terbaik dalam melaksanakan tugas, serta pengabdian kepada masyarakat," kata Syamsul. ***4***





(T.M034/B/I023/I023) 02-12-2015 18:53:49

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015