Sidikalang, 11/11 (Antarasumut) - Peringatan Hari Pahlawan merupakan agenda nasional yang diperingati setiap tahun di Kabupaten Dairi.

Hakikat dari penyelenggaraan Peringatan Hari Pahlawan juga untuk memberikan pengakuan, penghormatan dan penghargaan kepada para pelaku pejuang agar mendapatkan perlakuan sebagaimana mestinya.

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2015 dengan tema "Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku" yang dilaksanakan di depan Kantor Bupati Dairi Selasa (10/10/2015) dihadiri oleh Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pasi, SH sebagai Inspektur Upacara.

Kapolres Dairi AKBP Ahmad David, SIK, Dandim 0206 Letkol. Arm. Jonny Marpaung, Ketua Pengadilan Negeri Jon Sarman Saragih, SH,  M.Hum, seluruh SKPD, TNI/Polri, Tokoh rohaniawan, Tokoh Pejuang dan pelajar.

Pada upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2015, Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pasi, SH dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan Hari Pahlawan dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk mencapai harapan masa depan dengan terus bekerja.

Bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila Kelima Pancasila yang berbunyi Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, juga sebagai momentum dalam rangka menumbuh kembangkan nilai-nilai kesatuan, kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial.

Makna dari tema diatas adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk kedalam sanubari  yang paling dalam untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

Beliau juga menyampaikan Melalui Peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat memberikan inspirasi kepada para generasi penerus bahwa semangat juang para pendahulu dan pendiri bangsa ini dapat diteladani dan diimplementasikan pada masa kini dalam bentuk perjuangan yang lain.

Peringatan Hari Pahlawan tersebut diawali dengan ziarah resmi ke Taman Makam Pahlawan Sidikalang yang dilanjutkan dengan Tabur Bunga sebagai tanda penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk Bangsa Indonesia.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015