Padangsidimpuan, 25/11 (Antarasumut) - Kantor Kesatuan Bangsa Dan Politik Daerah Kota Padangsidimpuan menggelar pendidikan wawasan kebangsaan yang diikuti aparatur pemerintahan daerah setempat.

“Ini juga bagian dari program nasional sesuai dengan Permendagri," kata Kepala Seksi Pengembangan Nilai-Nilai Kebangsaan Kesbangpol Padangsidimpuan, Timbul Halomoan Lubis, Rabu, mengatakan 

Ia berharap dengan kegiatan tersebut semua peserta dapat memliki wawasan kebangsaaan yang full, kalau hal ini dimulai dari atas sangat sulit untuk meneruskannya kepada masyarakat.

Dengan peserta yang ada saat ini (aparatur terbawah red) tentu lebih melekat meneruskannya kepada masyarakat.

Ketua Panitia, Rusdin Efendi Nasution, juga menambahkan tujuan pelaksanaan ini untuk menambah wawasan kepada indonesia yang seutuhnya.

Sementara Camat Padangsidimpuan Tenggara, Zulkifli melalui Sekcam, Amri Taufik, sangat berterima kasih adanya program seperti ini. Melalui ini tentunya kita dapat meningkatkan pengetahuan terhadap pancasila sebagai ideologi sebagai pandangan hidup.

Yusar Nasution yang membawakan materi pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup ini menyimpulkan bahwa stabilitas nasional yang baik sangat penting, mengedapakan sumber SDM baru pembangunan.

Seluruh etnis atau suku dan budya yang berbeda-beda di Kota Padangsidimpuan harus hidup dengan rukun,tenteram dan harmonis tanpa terjadi gesekan.

Tidak satupun suku budaya boleh mengkalim yang pling unggul dari yang lainnya, harus saling menghargai dan megnhormati serta mencari persamaan ketimbang memperuncing perbedaaan.

"Karena kita hidup ditengah-tengah yang berbeda suku bangsa namun satu dalam Bhinneka Tunggal Ika," katanya.



Pewarta: Khairul Arief

Editor : khairularief


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015