Medan, 24/11 (Antara) - Dinas Pendapatan Kota Medan optimistis dapat memenuhi target pendapatan dari sektor pajak bumi dan bangunan untuk tahun 2015 sebesar Rp376 miliar.


Kadispenda Kota Medan HM Husni di Medan, Selasa, mengatakan sampai Oktober 2015 pihaknya telah berhasil merealisasikan 78 persen target pajak bumi bangunan (PBB) atau tinggal 22 persen lagi yang belum tertagih dari masyarakat selaku wajib pajak.


"Dengan kerja keras dan kemauan semua, target PBB sebesar Rp.376 miliar yang telah ditetapkan kepada Dispenda kami yakin dapat diwujudkan," katanya pada Kegiatan Operasional Penagihan Tunggakan PBB Tahun Anggaran 2015.


Ia mengatakan, agar sisa target PBB yang tinggal 22 persen tersebut dapat terpenuhi, diperlukan dibangun komunikasi dan jembatan hati antara seluruh jajaran Dispenda, terutama kantor Unit Pelayanan terpadu (KPUT) camat, lurah, kepala lingkungan dan masyarakat.


Menurutnya, jika "jembatan hati" sudah terbangun dengan baik, masyarakat tentunya akan membayar PBB, sebab mereka telah menyadari PBB yang dibayarkan itu untuk mendukung pembangunan di Kota Medan.


Untuk mewujudkan itu, ia mengharapkan peran serta camat, lurah dan kepala lingkungan, sebab, mereka merupakan ujung tombak Pemkot Medan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.


Di samping terus memberikan edukasi PBB kepada masyarakat, juga membantu untuk terus mengingatkan agar masyarakat membayar pajak.


Itu sebabnya dalam kegiatan tersebut, dibagikan kepada seluruh camat buku tunggakan PBB yang diserahkan secara simbolis kepada Camat Medan Petisah, Camat Medan Baru, Camat Medan Selayang, Camat Medan Tuntungan, Camat Medan Johor, Camat Medan Maimun, serta Camat Medan Polonia.


Dengan dibagikannya buku tunggakan itu, kata dia, camat, lurah dan kepala lingkungan dapat mengetahui warganya yang belum membayar PBB sampai saat ini, apalagi pada akhir November 2015, Dispenda bekerja sama dengan Bank Sumut menggelar PBB Fair di Lapangan Merdeka.


Selain meniadakan denda bagi yang terlambat membayar PBB, juga diberikan suvenir serta mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik bagi warga yang membayar PBB pada PBB Fair.


"Apabila masing-masing kepling bisa membawa warganya minimal 5 sampai 10 orang untuk membayar PBB di PBB Fair, tentunya sangat mendukung kita dalam memenuhi target PBB," katanya.***4***







Pewarta: Juraidi

Editor : Ribut Priadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015