Padangsidimpuan 11/11 (Antarasumut)- Afri Yanthi , salah satu pelaku usaha industri kecil menengah (IKM ) mengaku siap untuk mengembangkan usahanya yang dapat membuka lapangan kerja bagi banyak orang nantinya.

Kepada awak media, Rabu, Afri Yanthi mengatakan, ia mendapat bantuan dari Kementerian Perindustrian dua unit mesin.

Yakni  mesin mixer dan mesin packing untuk membantu mengembangkan produksi usaha sabun cairnya yang dberi nama ‘Yanlight Foam’.

Kedua alat tersebut, terangnya, masing-masing berfungsi untuk memudahkan proses usahanya yang selama ini masih terkendala dan sangat membutuhkan bantuan.

“Yang satu namanya mesih mixer ukuran 150 liter yang berguna untuk membantu proses produksi usaha sabun cair saya, dan yang kedua yaitu mesin packing yang manfaatnya untuk mengemas sabun cair menjadi kemasan sachet,” jelas wanita yang mengaku senang dengan adanya bantuan tersebut.

Dikatakannya, dengan adanya alat dan mesin tersebut, dalam sehari pihaknya bisa memproduksi sebanyak 5000 sachet sabun cair dan pemasarannya juga sudah sampai keluar wilayah Tabagsel.

"Insya Allah dengan adanya bantuan alat-alat ini, nantinya dalam sehari kita bisa memproduksi sebanyak 5000 sachet sabun cair yang harganya 50 persen lebih murah dari produk-produk luar lainnya,” ungkapnya dan mengaku sudah memasarkan produk usahanya sampai ke wilayah Tapteng, Sibolga dan Sumatera Barat.

Ia juga berharap, bantuan yang diberikan itu nantinya bisa membuatnya untuk tekun dan fokus dalam mengembangkan usahanya yang terbilang lokal namun tidak kalah bagus dengan produk-produk lainnya.

“Dengan mesin dana alat-alat ini nantinya, saya berharap masyarakat dapat lebih mencintai produk lokal yang ada, dan pastinya juga akan membukan lapangan pekerjaan bagi masyarakat banyak,” tukasnya yang dalam waktu dekat berencana akan membuka pabrik.

“Tak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Walikota dan Ibu beserta Dinas Perindustrian Padangsidimpuan, juga pihak dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia yang telah memberikan bantuan ini dan semoga dapat bermanfaat dan digunakan dengan sebaik-baiknya.” Pungkasnya senang.

Sebelumnya, Kamis (5/11) kemarin, Ketua Dekranas Padangsidimpuan Ade Aan Rostiani Andar Amin mengatakan, melalui pemberian bantuan tersebut, ia berharap dapat mengembangkan program kerajinan atau IKM di wilayah Kota Salak. Sehingga hasil produksi dari IKM bisa bersaing dengan produk daerah lain.

“Pemberian bantuan, pembinaan atau pelatihan, sangat berguna untuk peningkatan kualitas produksi IKM kita. Maka dari itu, melalui kegiatan ini tentu kita berharap produksi IKM kita dapat bersaing dengan produk lainnya,” tuturnya.

Dalam hal peningkatan hasil produksi, Ketua Dekranas yang merupakan Ketua TP PKK Padangsidimpuan itu juga berencana akan membuat galery kerajinan di wilayah Kota Padangsidimpuan.

“Kita berencana membuat galery, supaya produk-produk IKM kita dapat dipasarkan secara luas,” terang Ade Aan Rostiani Andar Amin.

Pada kesempatan itu, Kementerian Perindustrian RI yang diwakili Kasubdit Pangan Kimia dan Bangunan, Ir Nurhayati Gobel menyerahkan secara simbolis bantuan peralatan kepada Ketua Dekranas Ade Aan Rostiani Andar Amin SS dan disaksikan Kadisprindagkop Armen Dame Harahap SH MM, Kabid Perindustrian Parwati SH, kelompok usaha dan jajaran Disprindagkop

Pewarta: Khairul Arief

Editor : khairularief


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2015